Jokowi Minta Semua Pihak Jaga Kepercayaan Rakyat Terkait 41 Anggota DPRD Malang Menjadi Tersangka

0
244
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Presiden Joko Widodo pada akhirnya angkat bicara mengenai 41 anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019 yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Joko Widodo, memang tidak mudah untuk membangun kepercayaan dari masyarakat.Oleh sebab itu, Presiden Jokowi mengingatkan kepada siapa saja yang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat agar bisa selalu menjaga kepercayaan dari masyarakat tersebut.

Presiden Jokowi sesudah membagikan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Jatim Expo, Surabaya, Kamis (6/9) mengatakan jika. “Yang namanya membangun trust, membangun sebuah kepercayaan itu memerlukan waktu yang panjang.

Oleh karena itu, Kepala Negara pun juga senantiasa mengingatkan supaya seluruh pihak yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat, baik yang duduk di lembaga eksekutif ataupun yang berada di lembaga legislatif, untuk menjaga kepercayaan yang telah diembannya itu.

Presiden Jokowi juga mengingatkan supaya tetap bisa menjaga kepercayaan itu untuk kebaikan-kebaikan rakyat daerahnya, provinsinya, dan di dalam scope lebih besar negara.

Sebelumnya,  Presiden Jokowi diketahui telah menyerahkan secara langsung 5.000 sertifikat kepada masyarakat yang berasal dari tiga kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Diantaranya yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga mengaku bahwa dirinya merasa senang sebab setiap target yang ia berikan kepada Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) bisa dicapai.

Maka dari itu, Kepala Negara pun juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran yang ada di Kantor BPN.

Kala itu Presiden Joko Widodo juga mengatakan “Saya tahu kantor BPN sekarang enggak pernah tidur. Tapi yang seperti itulah yang harus dilakukan, melayani masyarakat, secepat-cepatnya dirampungkan.”

Menurut Presiden Joko Widodo, tahun lalu juga telah dibagikan sebanyak 5 juta sertifikat. Sedangkan untuk tahun ini dibagikan sebanyak 7 juta sertifikat ditargetkan selesai. Sedangkan untuk tahun depan, Presiden Joko Widodo menargetkan sebanyak 9 juta sertifikat bisa dibagikan kepada seluruh masyarakat.

Presiden Jokowi juga mengingatkan kepada para masyarakat penerima supaya bisa selalu menjaga sertifikatnya dengan sebaik mungkin. Ia pun juga tak lupa berpesan agar masyarakat menghitung terlebih dahulu jika sertifikatnya tersebut ingin dijadikan sebagai jaminan untuk meminjam uang ke bank.

Presiden Jokowi mengingatkan jika itu merupakan uang pinjaman. Jangan dipakai untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Semuanya harus produktif digunakan untuk usaha, baik itu digunakan untuk modal kerja maupun digunakan modal investasi.

Dalam acara tersebut, tampak hadir antara lain yaitu Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Telah diketahui jika, Sebanyak 41 anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019 ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK).

Sebelumnya, KPK juga telah menetapkan sebanyak 22 anggota DPRD Kota Malang ditetapkan sebagai tersangka suap terkait dengan persetujuan penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Kota Malang mengenai Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2015.

Dan sejumlah 22 anggota DPRD Kota Malang tersebut telah diduga menerima hadiah ataumenerima  janji dari Wali Kota nonaktif Malang Moch. Anton serta ada dugaan gratifikasi.

Penetapan sebagai tersangka kasus tersebut termasuk hasil pengembangan dari penyidikan KPK.

Sebelumnya, KPK juga sudah menetapkan sebanyak 19 tersangka anggota DPRD Kota Malang dalam kasus yang sama.

Untuk sekarang ini, hanya ada 4 anggota saja yang ada di DPRD Kota Malang. (Rico/Gus Anto/Viwi Yusya/Thoriq/Izzul/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here