Sahala Panggabean Luncurkan Buku ‘Koperasi Indonesia Penyelamat Ekonomi Bangsa’

0
227
Foto : Gus Anto

Jakarta, namalonews.com – Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari, Sahala Panggabean, meluncurkan bukunya yang diberi judul ‘Koperasi Indonesia Penyelamat Ekonomi Bangsa’ (KSP Nasari Anak Kandung Reformasi Lahir Untuk Peduli), di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2018).

Peluncuran buku ini juga menandai dua dasawarsa kehadiran Koperasi Simpan Pinjam Nasari di tanah air. Selain itu juga sebagai eksistensi KSP Nasari dalam melayani para pelaku UKM dan masyarakat lainnya.

Buku yang diberi kata sambutan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga ini menggunakan hard cover warna coklat dengan gambar sosok Sahala Panggabean. Memiliki ketebalan 134 halaman yang terbagi dalam 7 bab pembahasan.

Foto : Gus Anto

Dalam bukunya ini Sahala mengawalinya buah pikirannya dengan menulis langkah Bung Hatta (Bapak Koperasi Indonesia) dalam menggerakkan perekonomian rakyat. Kemudian disinggung sedikit tentang kiprah sosok Robert Owen (1771-1858) yang merupakan  Bapak Koperasi Dunia.

Sahala ingin menegaskan bahwa sejarah koperasi lahir adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup orang kebanyakkan (miskin). Memperjuangkan kepentingan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya. Bukan hanya masyarakat di area yang luas atau global (dunia), tapi juga di wilayah regional (Indonesia).

Di awal pergerakan kebangsaan di Indonesia (1908-1928), koperasi lantas mendapat ‘kedudukan’ yang terhormat di tengah masyarakat. Beberapa organisasi mulai mendirikan koperasi sebagai langkah untuk kemandirian ekonomi.

Sebut saja misalnya, Syarikat Dagang Islam, Indonesische Studie Club, dan Partai Nasional Indonesia yang menggelorakan semangat berkoperasi kepada masyarakat. Walaupun sedikit mengalami kendala untuk meyakinkannya, namun perlahan tapi pasti masyarakat mulai tertarik.

Foto : Gus Anto

Di bagian lain, Sahala mulai mengungkap sejarah berdirinya KSP (Koperasi Simpan Pinjam)  Nasari yang dibidaninya mulai tahun 1998. Di tengah-tengah krisis moneter, KSP Nasari (berkedudukan di Semarang, Jawa Tengah) mulai bergerak membantu masyarakat yang terhimpit krisis ekonomi.

KSP Nasari pada waktu itu merupakan satu-satunya koperasi yang memberikan pinjaman kredit hanya kepada pensiunan TNI/Polri dan pegawai negeri sipil. Lambat laun perkembangan KSP Nasari kian melesat menjadi salah satu koperasi yang terbesar di Indonesia.

Dengan menggandeng mitra usaha seperti PT Pos, Bank BRI, Bank BTPN dan lainnya merupakan bukti kalau KSP Nasari mendapat kepercayaan positif dari masyarakat luas.

Di awali dengan 1 tempat usaha di Semarang, kini KSP Nasari pun merambah ke wilayah-wilayah lain di Indonesia. Sebagai apresiasi atas usahanya mengembangkan semangat koperasi di Indonesia, Sahala Panggabean, MBA pun diberikan penghargaan oleh Presiden Bambang Susilo Yudhoyono pada tahun 2010.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here