Tertib Lalu Lintas Diharapkan Dapat Masuk ke Kurikulum Pendidikan

0
190
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Para pemerhati keselamatan berlalu lintas  mengharapkan tertib berlalu lintas akan masuk ke kurikulum pendidikan. Tujuannya adalah agar sejak dini mereka paham tentang disiplin dan etika berlalu lintas di jalan raya.

“Jadi ketertiban lalu lintas itu harus masuk ke kurikulum pendidikan. Sebab, masalah di Indonesia adalah kurangnya pemberian pengetahuan kepada masyarakat,” ujar Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, Jumat (7/9/2018).

Marcell juga menjelaskan, pemerintah juga harus mewajibkan para pembuat Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk mengikuti pelatihan dan wajib menyertakan sertifikat pelatihan tersebut sebagai portofolio ketika akan membuat SIM.

“Jadi pemohon SIM itu bisa memperoleh dasar pengetahuan tentang lalu lintas, melalui lembaga khursus atau pelatihan mengemudi, sehingga pengetahuannya terjamin,” kata Marcell.

Menurut Edo Rusyanto selaku Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan, “Itu cara efektif, lalu senantiasa mengingat bahwa perilaku tertib adalah ihktiar penting untuk memperkecil risiko ketika berkendara,” ujar Edo, Jumat (7/9/2018).

Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here