‘Peringatan’ Untuk Pengguna Agar Tidak Menginstal Browser Alternatif di Windows 10

0
188
Foto : twitter/ @SeanKHoffman

Jakarta, namalonews.com – Dalam pengujian Windows terbaru, yang akan dilakukan 10 Oktober mendatang, Microsoft tidak menyarankan browser alternatif untuk pembaruan fitur Windows 10.

Dilansir dari BBC, Jum’at (14/09/2018) Microsoft mengambil langkah lebih serius untuk meningkatkan adopsi Microsoft Edge yang akan dibawa ke pembaruan Windows 10, Oktober mendatang. Uji coba pembaruan Windows 10 sudah memasuki tahap akhir.

Microsoft sedang menguji peringatan pop-up yang memicu ketika pengguna mulai menginstal browser web Chrome atau Firefox. Peringatan muncul di Windows 10 dan mengingatkan orang-orang bahwa mereka sudah menginstal browser Microsoft Edge.

Meski belum resmi meluncur, salah satu pengguna mengeluhkan fitur yang tiba-tiba muncul di pengujian pembaruan Windows 10. Fitur tersebut adalah pop-up berisi peringatan:

“Anda sudah memiliki Microsoft Edge – peramban yang lebih aman dan lebih cepat untuk Windows 10.”

Kata-kata dari pop-up terlihat seperti itu dibuat oleh seseorang di departemen hukum, dengan tidak  meremehkan tentang browser yang bersaing. Tetapi implikasinya jelas: “Jangan menginstal peramban lain itu. Coba Edge saja.” Mengklik tombol Install Anyway langsung menutup kotak dialog dan melanjutkan instalasi.

Pop-up promosi Microsoft Edge juga beberapa kali muncul sebelumnya, termasuk memaksa pengguna Windows 10 menggunakan Microsoft Edge untuk membuka semua tautan e-mail.

Microsoft pernah membuat iklan yang menyindir daya tahan baterai perangkat yang menggunakan Chrome. Dalam video iklan tersebut, perangkat yang menggunakan peramban Microsoft Edge diklaim bisa bertahan lebih lama dibanding perangkat yang memutar video dengan Chrome, Opera atau Firefox.

Di masa lalu, Microsoft telah dihukum berat karena menggunakan dominasinya dalam komputasi desktop untuk mendorong orang ke arah produknya. Ini telah membayar miliaran denda karena tidak melakukan cukup untuk membiarkan orang tahu tentang browser pesaing.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here