Buntut Kritik Impor Beras, Rizal Ramli Disomasi Nasdem. 623 Advokat pun Siap Membelanya

0
175
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Permasalahan ini muncul sebagai akibat dari pernyataan mantan Menteri Kemaritiman dan Sumber Daya Mineral Kabinet Kerja, Rizal Ramli (RR). Pernyataan tersebut kemudian ditanggapi oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan melayangkan somasi. Di situlah awal permasalahan ini timbul.

Pada acara Business Forum yang ditayangkan oleh salah satu televisi swasta nasional, tanggal 6 September 2018, Rizal Ramli  membuat pernyataan tentang melemahnya rupiah. Ia mengatakan bahwa Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita merupakan biang kerok dari melemahnya rupiah terhadap dolar.

Di samping itu, Rizal juga mengatakan bahwa Enggar tak ditegur karena merupakan kader NasDem yang dipimpin oleh Surya Paloh.

“Jadi biang keroknya sebetulnya Saudara Enggar, ya. Cuma Presiden Jokowi gak berani negor, takut sama Surya Paloh, ya. Saya katakan Pak Jokowi panggil saya saja biar saya yang tekan Surya Paloh, karena ini brengsek,” ujarnya saat itu.

Itulah sebabnya, tidak mengherankan ketika kemudian Rizal Ramli sempat menyerukan Jokowi untuk memberhentikan Enggar.

Dari situlah awal permasalahan itu berlanjut dan lebih keras. Kemudian Enggar mendapat pembelaan dari partainya, Partai Nasdem.

“Kita dalam tempo yang sangat siap menyampaikan somasi kepada RR untuk mempertanggungjawabkan, mengklarifikasi semua penodaan, penistaan yang merusak kehormatan terhadap Ketum (Nasdem),” ujar Hermawi di Kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Selasa (11/9/2018).

Rencananya, mereka akan memberikan somasi tersebut besok, Rabu (12/9/2018). Mereka mengaku akan menunggu tanggapan Rizal hingga batas maksimal somasi. Biasanya, dalam waktu 3×24 jam, somasi sudah harus direspons. Hermawi pun berharap Rizal dapat memberikan tanggapan dalan kurun waktu tersebut.

Atas  rencana somasi terhadap Rizal Rami tersebut, Ketua DPN Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Otto Hasibuan bergerak cepat, Ia pun  mengumpulkan para advokat untuk memberi pembelaan kepada Rizal Ramli.

Sejak diumumkan ke publik Ahad siang (16/9/2018), Tim Pembela Rizal Ramli bentukan Otto sudah menerima pendaftaran dari sedikitnya 623 advokat yang siap membela RR dari tuntutan hukum Nasdem. Jumlah tersebut disampaikan sendiri langsung RR beberapa saat lalu.

Bukan saja membentuk tim pembela, Otto  juga mengundang advokat dari seluruh Indonesia untuk bersedia bergabung dalam tim pembela melalui Johannes L Tobing SH. pada nomor 08128222966 dan Salih Mangara Sitompul SH. di nomor 08129369992.

“Bagi yang ingin bergabung, mohon lampirkan KTP, No Telp untuk dilampirkan pada surat kuasa. Senin 17 september 2018, Jam 16.00 WIB. Kita press release di Kantor Peradi bersama Prof Rizal Ramli. Gerakan moral dan perjuangan hukum mulai kita tabuh, demi rakyat dan demi eksitensi advokat,” tambahnyanya.

“Apa yang dilakukan RR haruslah kita dukung karena sungguh impor tersebut telah menyengsarakan rakyat dan hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu,” jelasnya.

Menurut Otto, advokat tidak boleh terlalu lama tidur dan harus berjuang demi rakyat yang selama ini tersingkirkan. Selain mengumpulkan advokat, upaya membela Rizal Ramli juga digalang di media sosial melalui gerakan tanda pagar #SaveRizalRamli..

“Kita sebagai advokat tidak boleh terlalu lama tidur dan harus berjuang demi rakyat, karena advokat adalah advokat pejuang. Oleh karena itu saya mengajak teman-teman untuk bergabung dalam tim ‘Pembela Rizal Ramli, antiimpor beras, garam, dan lain-lain, yang merugikan rakyat’ dengan tag save Rizal Ramli,” urai Otto.

Penulis : Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here