Pembantu Rumah Tangga Asal Indonesia ‘Diperjualbelikan’ Secara Online di Singapura

0
204
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Kementrian Tenaga Kerja Singapura sedang menyelidiki kasus ‘penjualan’ pembantu rumah tangga yang diduga dari Indonesia di situs Carousell. @maid.recruitment adalah akun yang menampilkan daftar pembantu rumah tangga tersebut, foto yang ditampilkan juga ada yang diberi label sold atau sudah terjual.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI meminta kasus ini agar dituntaskan secepatnya, “Perlu ada tindakan tegas dari pemerintah, siapa yang membuat iklan TKI online tersebut, ini sama dengan perbudakan, jual beli. Kami mengecam hal-hal seperti itu, hal seperti ini harus dilakukan tindakan tegas, mengusut tuntas siapa yang membuat iklan online itu, kita minta pemerintah Singapura juga tegas, terkesan ada jual beli orang, atau seperti human trafficking secara modern, tidak boleh,” kata , Ichsan Firdaus , Wakil Ketua Komisi IX, Minggu (16/9/2018).

Dia juga menjelaskan, Indonesia sudah memiliki aturan yang jelas soal pengiriman tenaga kerja Indonesia keluar negeri, aturan tersebut dibuat untuk melindungi TKI tersebut.

“Kita punya aturan, mulai dari awal hingga akhir, sampai di mana mereka ditempatkan harus jelas. Siapa majikannya, nomor teleponnya, harus jelas. Sehingga kalau ada kejadian, misalnya penyiksaan, kita jelas siapa yang mempekerjakan,” ucapnya.

Pihak Kemenlu RI meminta kasus tersebut agar cepat tuntas. Kemenlu RI juga rencananya akan mengirimkan not diplomatic kepada Kemenlu Singapura.

PenulisThoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here