Polisi Tangkap Penyebar Video Hoax Rusuh di MK

0
156
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com –  Kepolisian menangkap seorang penyebar video hoax berinisial SSA yang merupakan anggota ormas, warga Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Awalnya pada 15 September 2018 SSA lewat akun facebooknya menyebarkan video hoax. Video tersebut memperlihatkan kerusuhan di MK, dan dia menambahkan komentar bernada profokatif yang ditulisnya adalah “Jakarta sudah bergerak, mahasiswa sudah bersuara keras dan peserta mengusung tagar #turunkanjokowi mohon diviralkan karena media TV sudah dikuasai petahana”.

SSA diduga melanggar Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45A ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mendapatkan barang bukti berupa 1 bundel salinan akun Facebook dan 2 unit telepon seluler (ponsel).

“Tidak menutup kemungkinan apabila dalam penyidikan ditemukan lagi alat bukti yang bisa menjerat tersangka lainnya akan dilaksanakan penegakan hukum juga,” kata Dedi, Minggu (16/09/2018).

Sebenarnya video hoax yang disebarkan oleh SSA adalah video simulasi pengamanan gedung MK menjelang pemilu 2019.

Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here