Kilas Balik 22 Tahun Sheila On 7 Berkarya

0
633
Foto : SAI 100 FM

Jakarta, namalonews.com – Siapa yang tak kenal band legendaris asal Yogyakarta satu ini. Menyebut namanya saja, Sheila On 7, pasti sudah terngiang-ngiang sederet judul lagu, seperti Sephia, Pemuja Rahasia, Jangan Takut Gelap, dan yang terbaru adalah Film Favorit. Dari masa ke masa grup band Sheila On 7 masih terus mengisi dunia music melalui sejumlah karyanya dalam menciptakan serta membawakan berbagai lagu.

Terhitung sudah 22 tahun grup band Sheila On 7 hadir meramaikan kancah music di Indonesia. Selama itu pula ada banyak kisah yang dialami oleh para personelnya. Satu hal yang sangat mengesankan dari grup band asal Yogyakarta ini adalah mereka sangat jauh dari terpaan gossip miring, baik itu terkait band ataupun urusan pribadi. Sebaliknya, justru mereka mendapatkan perhatian fans melalui segudang prestasi yang ditorehkan.

Memperingati 22 tahun berkarya, pada Jumat 14 September kemarin Sheila On 7 menyapa para Sheila Gank (sebutan untuk para fans dan sahabat setia Sheila On 7) melalui Konser Kisah Klasik Sheila On 7 yang dihelat di Balai Sarbini Jakarta dan ditayangkan oleh salah satu stasiun tv swasta. Konser tunggal Sheila On 7 tersebut dimulai dari pukul 20.00 WIB.

Menggaet penyanyi professional dan penuh talenta, Krisdayanti, Sheila On 7 mendapatkan pujian yang tulus dari penyanyi yang akrab disapa KD ini. KD mengutarakan kebanggaannya bisa menghadiri dan turut berpartisipasi dalam perhelatan akbar konser tunggal Sheila On 7.

Lebih jauh KD mengungkapkan kekagumannya atas eksistensi Sheila On 7 yang mampu bertahan sedari ia berusia 20 tahun dan masih eksis pada saat usianya kini sudah mencapai angka 40 tahun.

22 tahun tentu bukan waktu yang sebentar bagi para personel Band Sheila On 7 untuk terus solid dalam bermusik. Alami pasang surut dalam bekerja sama, Sheila On 7 juga mengalami beberapa kali perombakan anggota band.

Namun, hal tersebut tidak pernah menjadi berita besar yang merajai media. Yang paling legendaris adalah para personel Sheila On 7 beranggapan, mereka terlahir sebagai Sheila On 7 karena pertemuannya dengan Pak Jan.

Terbentuk sebagai Band pada tahun 1996, atau lebih tepatnya pada 6 Mei 1996 di Yogyakarta. Sheila On 7 semula bernama Sheila Gank. Pada saat awal pembentukan, grup band tersebut beranggotakan 5 orang, di antaranya Duta pada Vokal, Adam pada Bass, Eross pada Gitar, Sakti pada Gitar, dan terakhir ada Anton pada Drum. Bermula memiliki nama band Sheila Gank, kemudian terakhir berubah menjadi Sheila On 7.

Penamaan Sheila On 7 yang tidak lain semula bernama Sheila Gank tersebut diambil dari kata Sheila yang berarti musical dalam bahasa Celtic. Karena penyebutan Gank dianggap kurang sense, maka sebutan itu diubah menjadi On 7. Penambahan kata On 7 sendiri memiliki makna tujuh tangga nada doremifasolasido atau solmilasi. Dari pemilihan nama yang sudah memiliki filosofi serius, terbukti hingga kini keberadaan grup band tersebut masih sukses merebut hati para penggemarnya.

Selayaknya dalam sebuah grup, Sheila On 7 juga mengalami perubahan formasi anggota. Tercatat pada 2004 lalu, Anton yang dikeluarkan karena alasan kedisiplinan digantikan oleh Bryan. Selanjutnya pada 2006, Sheila On 7 ditinggalkan Sakti yang berpamitan untuk belajar di Pakistan. Hingga sampai dengan saat ini, Sheila On 7 beranggotakan Duta, Eross, Adam, dan Bryan.

Gus Anto/Izul/Thariq

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here