Untuk Memantau Pelanggaran, Kamera CCTV Dipasang Pekan Depan

0
162
Foto : ladige.it

Jakarta, namalonews.com – CCTV untuk pelaksanaan uji coba Electronic Law Traffic Enforcement (E-LTE) akan dipasang pekan ini. Polisi ingin mengecek akurasi data dari kamera tersebut. Demikian menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Hingga saat ini polisi masih mendata jumlah kamera yang dibutuhkan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Kamera yang akan dipasang mampu melihat secara jelas pelat nomor kendaraan yang melanggar sekalipun pada malam hari.

“Kameranya ada spesifikasinya. Yang jelas itu dalam keadaan gelap pun bisa terang. Dan ini sudah 90 persen akurat,” tutur Yusuf.

Untuk sementara, dalam uji coba nanti akan dipasang 4 kamera. Alat rekam gambar itu untuk memotret setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara. Setelah itu, polisi akan mengirimkan surat tilang ke rumah pelanggar.

Setelah itu polisi akan memberikan waktu selama dua minggu kepada pelanggar tersebut untuk membayar denda. Jika tak dibayar maka STNK milik pengendara tersebut akan diblokir.

“Apabila dalam waktu 14 hari maksimal beliau tidak ada respon terhadap surat itu, maka STNK-nya akan kita blokir di Samsat,” imbuh Yusuf.

Sementara itu uji coba sistem baru tersebut akan dilaksanakan pada Oktober 2018. Fokus awal E-LTE (sebelumnya disebut e-Tilang) hanya diperuntukan kendaraan bernomor polisi B saja.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here