Bus KPK Lakukan Safari ke Sejumlah Kota di Pulau Jawa

0
197
Foto : Kumparan

Jakarta, namalonews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan program ‘Jelajah Bus Antikorupsi’ guna meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi. Melalui program ini KPK meluncurkan bus yang akan melakukan safari ke sebelas kabupaten-kota di Pulau Jawa.

“Ini merupakan salah satu upaya kami hadir di tengah masyarakat secara langsung,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat peluncuran ‘Jelajah Bus Antikorupsi’ di Gedung Merah Putih KPK, Senin, (24/9).

“Program ini bertujuan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi,” imbuh Alex.

Menurut Alex, KPK ingin menyosialisasikan kegiatan mereka kepada masyarakat di daerah melalui aktivitas dalam bus tersebut.

“Nanti di sana kita akan sharing dengan masyarakat atau pemerintah daerah, seluruh komponen masyarakat, terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KPK,” katanya.

Alex juga mengatakan, target kampanye program ini adalah masyarakat umum yang terdiri dari pelajar, guru, mahasiswa, dosen, aparat pemerintahan, komunitas, dan lain-lain.

“Ini adalah kali kedua KPK melakukan program serupa. Pada 2014, bus ini melakukan perjalanan ke Yogyakarta dan sekitarnya untuk mendukung peringatan Hari Antikorupsi Internasional 2014,” ungkap Alex.

Program “Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi” ini dimulai tanggal 24 September hingga 31 Oktober 2018. Kabupaten atau kota yang akan dikunjungi adalah Indramayu, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Klaten, Magelang, Purbalingga, Ciamis, dan Bandung.

Di setiap kota atau kabupaten, nantinya KPK akan menggelar berbagai kegiatan dengan target sasaran, seperti sekolah, kampus, tempat keramaian publik atau alun-alun, acara car free day, dan sebagainya, di masing-masing kota atau kabupaten yang dilewati.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here