Komedian mat solar terkena stroke, kenali jenis serta cara pencegahannya

0
490
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Beberapa waktu lalu, sebuah akun youtube reynaldi rizky menjadi viral dalam dunia maya. Video yang sudah ditonton lebih dari 30 ribu kali tersbeut menunjukan nasrullah atau komedian mat solar sedang memperoleh terapi dari komandan koramil sukaraja, kabupaten bogor. Dalam unggahan yang berdurasi 3 menit 17 detik itu, pria yang namanya melejit berkat program komedi bajaj bajuri terserang penyakit stroke.

Mengenakan kaos dan celana pendek putih, mat solar berusaha berdiri dari kursi roda, serta berjalan perlahan menuju mobil. Istri dari mat solar, mengatakan bahwa sang suami sudah beberapa kali terserang stroke. Sebelumnya, di tahun 2015, stroke juga pernah menyerang pemeran tokoh bang sulam dalam sinetron tukang bubur naik haji tersebut. Namun, stroke yang dialami tidak terlalu buruk untuk kesehatan mat solar.

Saat ini, mat solar sedang memperoleh terapi. Ia mengatakan bahwa mat solar sudah bisa berjalan dengan bantuan tongkat. Meski begitu, lawan main dari rieke diah pitaloka ini masih mengeluhkan pandangan mata yang buram. Matanya agak buram kalau melihat. Kalau kondisi tubuhnya, seperti paru-paru dan jantung dalam keadaan bagus, tutur ida.

Macam-macam jenis stroke

Stroke merupakan penyakit yang paling banyak penderitanya di indonesia. Stroke merupakan gangguan klinis yang terjadi pada fungsi serebral, dengan gejala yang terjadi selama 24 jam atau lebih bisa menyebabkan kematian. Terdapat dua jenis stroke, yakni stroke iskemik dan stroke hemoragik. Stroke iskemik disebabkan karena gumpalan pada jalur suplai darah mengalir pada otak. Adapun faktor yang menjadi penyebab stroke hemoragik, yakni pecahnya pembuluh yang mensuplai darah ke otak.

Sekitar 80 persen kalangan yang menderita stroke mengalami stroke iskemik. Terdapat beberapa gejala yang bisa dijadikan referensi untuk mengenali tanda hadirnya penyakit ini, yakni satu sisi wajah mengalami mati rasa, kedua lengan semakin lemah, bicara terdengar tidak jelas, pandangan mata yang bermasalah seperti contohnya kabur, serta kehilangan keseimbangan tubuh.

Waspada stroke ringan

Stroke ringan merupakan salah satu penyakit yang harus diperhatikan. Meskipun sementara, serangan tersebut merupakan tanda awal stroke. Mungkin ini hanya sementara, namun menjadi warning bahwa adanya sumbatan, kemudian lancar lagi. Tapi ini merupakan tanda awal stroke.  Kalangan yang pernah mengalami stroke ringan harus mencari faktor risiko terjadinya sebuah serangan, agar bisa menjalani masa pemulihan segera.

Beberapa faktor yang bisa mendorong terjadinya sroke ringan adalah diabetes, darah tinggi, hipertensi, hiperkolesterol, dan asam urat. Dalam kasus ini, penyumbatan yang ada pada otak hanya terjadi sebentar dan suplai darah akan kembali normal sebelum terjadinya kerusakan parah. Sumbatan tersebut disebabkan karena gumpalan darah yang terbentuk pada organ tubuh lain dan turut serta dalam aliran darah yang menuju bagian otak. Gumpalan tersebut bisa diakibatkan oleh lemak maupun gelembung udara.

Cara mencegah stroke

Menurut beberapa ahli, risiko seseorang mengalami penyakit ini semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia, karena sempitnya arteri secara alami. Namun, terdapat beberapa faktor yang bisa mempercepat proses penyempitan tersebut, yakni merokok, obesitas, kadar kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, konsumsi alkohol berlebihan, atau mempunyai detak jantung tidak beraturan.

Untuk mencegahnya, kita semua harus memahami faktor risiko stroke. Yang menetap, kami beri contoh, umur. Para lansia diatas 50 tahun, risiko terkena stroke lebih tinggi. Lalu jenis kelamin, pada umumnya pria lebih rentan. Dan ada beberapa suku tertentu yang mempunyai kerentanan lebih tinggi terhadap stroke. Jadi bagi kalangan yang sudah memasuki usia 40 tahun di sarankan rajin melakukan check up ke dokter agar bisa mengetahui risiko stroke, sebab penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan pada penderitanya. (Rico/Gus Anto/Viwi Yusya/Thoriq/Izzul/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here