Mobil Listrik di Indonesia Harus Bersuara Minimal 50 db

0
187
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com –  Indonesia saat ini masih dalam persiapan terhadap mobil listrik. Pemerintah dan produsen mobil tengah melakukan diskusi, pengujian, dan persyaratan teknis yang  nantinya untuk dipersiapkan.

Para produsen mobil listrik yang akan masuk pasar Indonesia harus mentaati standar internasional, yang salah satunya adalah harus menghasilkan suara minimal 50 db.

“Nanti bagaimana suara yang dihasilkan masih kita diskusikan, entah itu akan seperti suara binatang atau mesin yang sudah ada seperti saat ini. Yang pasti sekarang adalah batas minimal suaranya terpenuhi,” ujar Sigit Irfansyah, Direktur Sarana Perhubungan Darat (24/09/2018).

Sama dengan mobil lainnya, mobil listrik juga harus mentaati peraturan pemerintah yang di dalamnya mengatakan kendaraan harus mengutamakan keselamatan. Seperti peraturan yang tertuan dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor, pasal 23 ayat (3).

“Yang menyebutkan kendaraan bermotor listrik bisa memenuhi aspek keselamatan wajib dilengkapi dengan suara dengan tingkat kebisingan dan jenis suara tertentu,” tambahnya.

Sigit juga setuju selain peraturan tentang suara, mobil listrik harus dilengkapi dengan ban serep yang menjadi syarat mobil dengan bahan bakar minyak. “Untuk ban serep memang menjadi sorotan ya, tapi kami sudah memperbarui, dengan aturan tersebut khusus untuk mobil listrik yang juga sudah ada di PM Perhubungan Nomor 33 tahun 2018,” pungkas Sigit

Penulis : Thoriq naghi irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here