Generasi Millennial Peran Utama Masa Depan Bangsa

0
98
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Tahun depan bangsa indonesia memasuki dunia politik. Ditandai dengan pelaksanaan Pileg dan Pilpres. Saat itulah kedaulatan rakyat sangat terasa yakni untuk menentukan masa depan bangsa melalui suara yang akan diberikan. Namun, untuk mencapai semua itu, tentunya membutuhkan partisipasi aktif seluruh rakyat Indonesia, termasuk peran aktif generasi millennial. Dengan kualitas dan kuantitas generasi millennial yang luar biasa, aktifnya generasi millennial merupakan hal yang penting.

Ulasan mengenai Generasi Millennial Peran Utama Masa Depan Bangsa

Hal ini diungkapkan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, ketika menjadi narasumber kuliah umum dengan tema “Menumbuh kembangkan Jiwa Wirausaha Pada Generasi Millennial” di sebuah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Zulkifli menuturkan, generasi millennial harus hadir menjadi generasi cerdas di tahun politik yakni tidak mengujarkan kebencian karena perbedaan Sara. Karena ini bukan hal tepat di Indonesia yang memang berdiri kokoh diatas keberagaman.

Saya pesan kepada seluruh kalangan millennial sebab generasi millennial sangat luar biasa pengaruhnya, jaringan sudah sangat luas apalagi sangat akrab dengan berbagai teknologi modern terutama dalam media sosial, katanya. Generasi millennial salah satunya yakni para mahasiswa, mereka merupakan perubahan bangsa. Bahkan, sejarah sudah mencatat dalam perjuangan bangsa tidak ada perubahan penting bangsa tanpa peran seorang mahasiswa. Di mulai dari tahun 1908, 1945, 1965 dan 1998, semua perubahan tersebut penting dan mahasiswa berperan besar, ujarnya.

Karena itu, lanjut Zulkifli, pada tahun 2019 peran dan campur tangan genenari muda Indonesia millennial dan mahasiswa sangat di tunggu dalam menentukan masa depan yang lebih cerah. Generasi muda mahasiswa dan millennial diharapkan dapat memberi pencerahan kepada masyarakat luas mengenai apa itu demokrasi dan mengajak masyarakat untuk datang ke tempat suara dan memilih yang terbaik untuk indonesia.

Jangan sampai kalangan masyarakat banyak yang gol put karena tidak memahami dengan baik, kurangnya edukasi atau berbagai masalah lainnya. Ini harus dipahami generasi millennial dan mahasiswa, seharusnya disampaikan pula kepada rakyat di lingkungan masing-masing bahwa tahun politik pileg dan pilpres, terutama pemilihan presiden merupakan hal biasa, ucapnya.

Dua kandidat cap res yakni Bapak Prabowo dan Bapak Joko Widodo merupakan kader terbaik Indonesia, mereka teman dekat. Jadi untuk para pendukung masing-masing capres jangan sampai berkelahi dan menyebabkan konflik, sebab dua tokoh tersebut merupakan milik bangsa, milik kita sebagai rakyatnya. Kita boleh beda, namun tetap bersaudara, tambahnya. Kuliah umum berlangsung setengah hari. Ketua MPR Zulkifli Hasan hadir menjadi narasumber serta  di ikuti oleh ribuan mahasiswa.

Guna menghadapi kompetisi global yang penuh dengan berbagai tantangan, generasi muda diharapkan mampu menjadi agent of change sekaligus mempunyai wawasan mengenai bangsa. Generasi muda masa kini sangat berbeda dengan era sebelumnya. Kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini sudah merubah dunia menjadi semakin kecil dan tanpa batas, serta menggiring generasi muda ke dalam paradoks kehidupan yang lebih menguntungkan namun bisa menghancurkan masa depan diri ataupun bangsanya.

Di abad informasi dan globalisasi seperti sekarang ini, Ilmu pengetahuan dan akses terhadap informasi sudah sangat terbuka, bermacam-macam sumber menjadikan cara pandang generasi muda jauh lebih luas dan menimbulkan paradoks seperti yang sudah dirasakan sejak akhir abad ke-20. Menyadari fenomena yang sudah modern, Presiden RI Soekarno, Soeharto dan Joko Widodo menekankan mengenai pentingnya peran generasi muda dalam menghadapi tantangan di era persaingan global yang semakin destruktif dan perkembangan teknologi yang bergerak kian dinamis. (Rico/Gus Anto/Viwi Yusya/Thoriq/Izzul/Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here