Gubernur Rasa Presiden: Memberi Subsidi, Bukan Mencabutnya

0
173
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Di tengah-tengah naiknya harga berbagai macam komoditas dan tarif listrik, pemprov DKI Jakarta bakal memberikan subsidi listrik kepada warga yang dianggap tidak mampu. Bantuan subsidi itu akan diberikan terutama bagi mereka pengguna listrik dengan daya 900 VA.

Bagi warga yang rumahnya diberi subsidi, diminta untuk mendaftar diri di kantor kecamatan atau kelurahan. Warga yang mendaftar akan diverifikasi.

“Bila memenuhi persyaratan maka akan disubsidi sampai 40 persen dari kewajiban yang harus dibayarkan pada rekening listriknya,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Energi Dinas Perindustrian Energi DKI Jakarta, Edward, Kamis (20/9/2018).

Selanjutnya, Edward menunturkan bahwa ia mengaku sudah diinstruksikan oleh Gubernur Anies Baswedan tentang pemberian subsidi listrik tepat sasaran. Itulah sebabnya,  pihaknya telah meminta kepada camat dan lurah di seluruh wilayah Jakarta untuk mensosialisasikan kepada warga.

Edward menambahkan bahwa untuk mendapatkan subsidi 40% ini warga Ibu Kota yang menggunakan listrik 900 VA harus mengambil dan mengisi formulir di kelurahan tempat mereka tinggal. Selanjutnya, kelurahan melakukan penyerahan formulir pengaduan kepersertaan subsidi listrik ke kantor kecamatan.

“Dan kecamatan bertugas melakukan proses input data ke sistem pengaduan secara online dan selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh posko penanganan pengaduan pusat,” kata Edward kepada wartawan Kamis (20/9/2018).

Selanjutnya, Edward menuturkan bahwa dari 44 kecamatan di DKI Jakarta, sebanyak 39 kecamatan sudah melakukan aktivasi pada sistem pengaduan tersebut. Ada sebanyak lima kecamatan yang belum melakukan aktivasi dan akan segera diaktivasi setelah acara sosialisasi ini.

Berdasarkan pendataan sampai dengan September 2018, terdapat 843 pengaduan dengan 578 pengaduan yang sudah ditindaklanjuti, sisanya 265 pengaduan masih dalam proses verifikasi.

Edward juga menambahkan bahwa untuk mendapatkan subsidi 40% ini warga Ibu Kota yang menggunakan listrik 900 VA harus mengambil dan mengisi formulir di kelurahan tempat mereka tinggal. Selanjutnya, kelurahan melakukan penyerahan formulir pengaduan kepersertaan subsidi listrik ke kantor kecamatan.

Penulis : Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here