Atlet Asian Para Games 2018 Mulai Ikuti Klasifikasi Hari Ini

0
217
Foto : Agung Pambudhy/detik.com

Jakarta, namalonews.com –  Sebelum mulai pembukaan Asian Para Games 2018 yang akan dimulai pada (6/10/2018), para atlet harus lebih dulu menjalani proses klasifikasi pada 2-5 Oktober 2018 untuk penentuan jenis disabilitas.

Direktur Klasifikasi INAPGOC, Dr.Christopher, menjelaskan bahwa waktu empat hari untuk proses klasifikasi adalah tepat. Sebanyak 2.200 atlet Asian Para Games 2018 sudah memasuki tahapan konfirmasi tanpa mesti melakukan pengujian awal.

“Seluruh proses klasifikasi akan selesai tanggal 5 oktober. Inilah perbedaan antara Asian Games dan Asian Para Games. Jumlah atlet masih dapat berubah setelah klasifikasi,” ungkap dr. Christofer Muliadi.

“Proses klasifikasi yang lama adalah untuk atlet-atlet tuna netra. Ada tujuh cabang olahraga yang mempunyai peserta tuna netra dan membuat proses klasifikasinya memerlukan alat-alat khusus. Hasil klasifikasi ini menentukan kelas-kelas dalam setiap nomor pertandingan cabang olahraga, baik tingkat ringan hingga berat,” ujarnya menambahkan.

Tujuan dari klasifikasi ini adalah untuk mengelompokkan para atlet berdasarkan jenis dan tingkat disabilitasnya. Dalam Asian Para Games kali ini, setiap atlet akan dikelompokkan menjadi tiga. Antara lain Physical Impairment (PI) untuk atlet disabilitas daksa, Visual Impairment (VI) bagi atlet disabilitas netra, dan Intellectual Impairment (II) untuk atlet disabilitas intelektual.

Namun, tidak semua atlet harus menjalani klasifikasi karena setiap atlet para games memiliki identitas yang terbagi tiga, yaitu Confirmed (C), Review (R), dan New (N).

Confirmed (C) artinya disabilitasnya sudah ditetapkan dan tidak perlu melalui proses klasifikasi. Untuk Review (R) akan dilihat masa berlakunya untuk menentukan apakah perlu klasifikasi atau tidak. Sementara itu, untuk New (N) wajib mengikuti klasifikasi.

Terkait proses ini, INAPGOC mendatangkan 91 classifier bersertifikasi internasional. Hasil klasifikasi akan menentukan jumlah nomor pertandingan dan jumlah atlet untuk menjadi dasar dalam mengatur jadwal pertandingan Asian Para Games 2018.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here