Inilah Jabatan Baru Buwas: Ketua Pramuka periode 2018-2023

0
397
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Pada tanggal 28 September 2018 di Hotel Grand Clarion, Kendari, Sulawesi Tenggara, berlangsung Musyawarah Nasional (Munas) kesepuluh  Gerakan Pramuka. Dalam Munas tersebut Dirut (Direktur Utama) Bulog (Badan Urusan Logistik), Komisaris Jenderal Pol (Purn) Budi Waseso atau dikenal sebagai Buwas terpilih menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023.

Setelah terpilih, Budi berjanji akan membangun Gerakan Pramuka menjadi lebih baik lagi.

“Saya sudah diberi amanah menjadi ketua Kwarnas 2018-2023 dan tugas kita bersama adalah membangun pramuka ini lebih baik lagi,” kata Buwas, sapaan Budi seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, selama ini Pramuka sudah baik dan akan dibangun menjadi lebih baik lagi.

Ia menegaskan setelah terpilih menjadi ketua Kwarnas maka tidak ada lagi kubu-kubuan berdasarkan kelompok pendukung tiga calon ketua kwarnas yang ikut pemilihan.

“Mari saling rangkul, bersatu membesarkan pramuka, satukan visi misi agar pramuka menjadi lebih besar,” katanya.

Budi membantah baahwa ada intervensi dalam Munas sehingga dirinya terpilih menjadi Ketua Kwarnas.

“Buktinya pemilihan berjalan lancar dan semua kwarda (kwartir daerah) diberi kesempatan yang sama dan luas untuk menyampaikan pendapat,” kata mantan Kepala Bareskrim Polri dan Kepala Badan Narkotika Nasional ini.

Menurutnya, dalam Munas, semua pemegang hak suara diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Dengan demikian, maka dugaan intervensi menjadi terbantahkan.

Dalam pemilihan yang berlangsung di Hotel Grand Clarion, Kendari pada Jumat petang, 28 September 2018, tersebut, Budi Waseso mengalahkan dua pesaingnya, yakni Dr Adhyaksa Dault (ketua Kwarnas inkumben) dan Prof. Dr. Jana Anggadiredja (tenaga pengajar di Lemhanas) melalui voting.

Dalam voting tersebut, dari 35 suara yang diperebutkan, Budi Waseso meraih 19 suara, kemudian Adhyaksa Dault 14 suara dan Prof Jana 2 suara.

Pemungutan suara dilakukan karena tidak tercapai mufakat antara tiga kandidat yang dinyatakan lolos sebagai calon ketua kwarnas.

Sebelumnya, terdapat 11 bakal calon ketua Kwarnas yang diusulkan oleh Kwartir Daerah. Namun, dalam perjalanan tahapan yang lain menyatakan mundur dan ada yang tidak memenuhi syarat. Salah satu kandidat yang menyatakan mundur adalah Dede Yusuf yang merupakan anggota DPR RI, dan juga sebagai ketua Kwarda Jawa Barat.

Pemilihan ketua kwarnas kali ini tergolong ketat karena media pun tidak diizinkan meliput dalam ruangan. Awak media hanya menunggu ketua terpilih setelah ada hasil pemungutan suara.

Sementara itu, Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga,  Asrorun Niam Sholeh menyampaikan ucapan selamat kepada Budi Waseso yang terpilih sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2018-2023.

“Selamat atas terpilihnya Kak Budi Waseso sebagai Ketua Kwarnas yang baru. Kami berharap akan ada sinergi antara pemerintah dengan Kwarnas Pramuka dalam membangun karakter bangsa melalui Pramuka,” kata Niam melalui keterangan tertulis.

Niam juga mengucapkan selamat kepada Gerakan Pramuka yang sudah berhasil melaksanakan Musyawarah Nasional untuk mengoptimalkan peran pramuka dalam pembangunan karakter bangsa.

Menurut Niam, Gerakan Pramuka merupakan salah satu instrumen strategis dalam pembangunan sumber daya manusia unggul, beriman, bertakwa, dan berkarakter.

Penulis : Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here