Jadi Ketua Pramuka, Buwas Bergerak Cepat: Kirim 5 Ton Daging dan Anggota Pramuka ke Lokasi Gempa di Palu

0
312
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Presiden Joko Widodo menyatakan bantuan berupa makanan dan air minum akan dikirim ke Palu dalam jumlah sebanyak-banyaknya untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Bantuan makanan hari ini kita akan kirim, sebanyak-banyaknya dengan pesawat Hercules,” kata Presiden Jokowi usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur, Senin. (1/10 2018)

Kepala Negara menyebutkan dari Jakarta akan langsung dikirim menggunakan beberapa pesawat. Ada juga pengiriman dari Makassar dan Balikpapan yang lebih dekat. Pengiriman makanan dilakukan dalam jumlah besar karena memang keluhan dan masalah yang dihadapi di sana seperti itu.

Sementara itu, setelah terpilih sebagai ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso atau yang biasa disebut Buwas bergerak cepat. Hal itu dilakukan dalam upaya untuk membantu penanggulangan korban gempa di Sulawesi, khususnya di Kabupaten Donggala dan kota Palu.

Bantuan itu dikirim bersinergi dengan Bulog, mengingat Buwas adalah juga Ketua Bulog.

“Sudah duluan kita. Tadi pagi juga kita udah bantu lagi jam 5 pagi kita berangkatkan dengan Hercules ke sana. Jadi, tadi pagi Bulog dengan pramuka bekerja sama untuk mendistribusikan langsung,” kata Waseso usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/10/2018).

Tak hanya itu, Buwas mengatakan bantuan-bantuan yang disalurkan akan disinergikan dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) setempat antara lain untuk membangun dapur umum di titik-titik lokasi terdampak.

“Saya dari kemarin dari hari kejadian sudah kerja sama dengan pemerintah daerah membuat dapur umum, kita juga mendistribusikan 5 ton daging di sana. Beras, minyak goreng, semua kita distribusikan. Hari ini pun masih terus kita lakukan,” jelas dia.

Di samping itu, menurut rencana, sebagai ketua kwarnas terpilih, Waseso juga akan meninjau langsung lokasi terdampak bencana di Sulawesi. Pramuka di lokasi bencana itu  pun sudah bergerak cepat bersama tim Basarnas, Polri dan TNI, untuk ikut mencari korban hilang.

“Jadi kami bergabung dengan tim Basarnas, tim TNI-Polri di sana, kita bersama-sama. Dengan kementerian, termasuk Bulog, langsung berkoordinasi, dan dalam minggu-minggu ini saya berangkat juga ke sana,” kata Waseso.

Di samping Bulog, Buwas yang kini juga merupakan Ketua Kwarnas Pramuka juga menginstruksikan agar anggota Pramuka untuk ikut membantu korban terdampak gempa dengan bergabung bersama tim-tim relawan lainnya.

“Pramuka bergabung dengan tim basarnas, tim TNI Polri yang di sana, kita bersama-sama. Dengan kementerian, termasuk bulog, langsung berkoordinasi, termasuk kita tergabung dengan kelompok-kelompok untuk dapur umum,” kata dia.

Selanjutnya, dalam waktu dekat, Buwas akan ikut berangkat meninjau langsung ke lokasi bencana. Buwas mengaku berniat terbang ke Palu meninjau langsung situasi di sana. Ia menyatakan sudah membicarakan rencana tersebut dengan Panglima TNI dan Kapolri.

“Dalam minggu-minggu ini InsyaAllah saya berangkat ke sana,” katanya.

Korban tewas akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah saat ini mencapai 832 orang. Korban tewas yang ditemukan dimakamkan secara massal karena pertimbangan kesehatan. Mereka yang dimakamkan setelah bisa diidentifikasi.

Penulis : Sulis Sutrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here