Kicauan Iwan Fals di Twitter Soal Film ‘G30S/PKI’ yang Perlu Direvisi

0
107
Foto : Ngopibareng

Jakarta, namalonews.com – Pelantun tembang ‘Galang Rambu Anarkhi’, Iwan Fals melalui twiternya @iwanfals, Minggu (30/9/2018), mengunggah tulisan agar film ‘Pengkhianatan G30S PKI’ dirubah dengan versi barunya.

Iwan menulis, “dan soal Film G30S PKI itu kayaknya perlu dibikin versi barunya tuh… dengan sutradara dan teknologi film yang lebih canggih lagi.”

Bukan cuma mengomentari soal film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’ versi baru, Musisi berusia 57 tahun yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto itu juga berkelakar dengan bertanya peran dalam film yang cocok ia perankan.

“Kalau saya main pasnya jadi siapa ya,” tulis Iwan di akun twiternya.

Iwan mengungkapkan bahwa ia menonton film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’ di stasiun televisi swasta Minggu (30/9) kemarin. Ia berkomentar, film itu tersendat dan terpotong oleh tayangan iklan.

Film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’ yang berdurasi empat setengah jam itu ditulis dan disutradarai oleh Arifin C. Noer. Pada rezim Orde Baru, film ini selalu diputar melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Namun pada tahun-tahun berikutnya film ini absen di layar kaca, yakni sejak Soeharto lengser. Kemudian dua tahun belakangan ini salah satu stasiun televisi swasta kembali memutar film tersebut.

Pada tahun akhir September 2017, film G30S/PKI akan kembali diputar. Namun film ini menuai polemik, sebab Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) waktu itu menganggap film Pengkhianatan G30S/ PKI tidak layak dipertontonkan kepada anak-anak.

Di balik pro-kontra soal penayangannya, Film Pengkhiatan G30S/PKI masih tetap diputar di layar televisi hingga saat ini sebagai pengingat generasi muda bahwa ada peristiwa berdarah yang pernah terjadi di Indonesia.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here