Baru Jalan 2 Hari Uji Coba E-Tilang, Sudah Tercatat 232 Pelanggar Lalu Lintas

0
45
Foto;ist

Jakarta, namalonews.com – Pengujian E-Tilang di kawasan Sudirman – Thamrin sudah dilakukan 2 hari, dan tercatat dalam uji coba tersebut ada 232 pelanggaran lalu lintas.

“(Sudah) 232 pelanggar,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, Selasa (2/10/2018).

Yusuf juga menjelaskan, selama uji coba dalam 2 hari ini pengendara yang melakukan pelanggaran tidak dilakukan penilangan, namun palanggar hanya diberikan surat peringatan. “Mereka nggak ditindak, cuma peringatan. Nanti ada waktunya ditindak,” ucapnya.

Ada tiga tahapan proses sistem E-Tilang ini. Yang pertama, kamera akan merekam video dan menangkap apabila ada pelanggaran, seperti adanya pengendara melewati batas garis pada saat lampu merah menyala. Kemudian petugas akan menganalisa apa yang dilanggar oleh pengendara tersebut.

“Petugas kita akan verifikasi, setelah verifikasi, lalu kita temukan ini mobil yang dilanggar kamera ini pelanggaran apa sih, pasal berapa, sudah memenuhi unsur belum kalau ini dikatakan pelanggaran,” kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (01/10/2018).

Jika pengemudi benar melanggar, petugas akan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat yang ada di STNK dari plat kendaraan. Surat konfirmasi ditujukan untuk memastikan, saat terjadinya pelanggaran, pemilik mobil atau bukan pengemudinya.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here