Google dan Apple Menyumbang Dana Untuk Bencana Poso dan Donggala

0
146
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu, Donggala, Sulawesi Tengah membuat perhatian dunia tertuju pada Indonesia. Berbagai pihak pun tergerak menawarkan bantuan, termasuk Google dan Apple yang ikut memberikan sumbangan.

CEO Google, Sundar Pichai menyatakan turut berduka cita dan turut menyatakan bahwa pihaknya bakal menyumbang dana lewat akun twitter resmi Sundar Pichai.

“Kami sangat bersedih atas gempa bumi dan tsunami di Indonesia. @googleorg dan Googlers (sebutan untuk karyawan Google-red) mendonasikan USD 1 juta (sekitar Rp.15 miliar) untuk mendukung upaya kemanusiaan dan kami mengaktivasi SOS Alert untuk menyediakan informasi darurat bagi mereka yang terdampak,” tulis Sundar Pichai di akun twitternya.

SOS Alerts berupa banner dengan warna mencolok yang akan secara otomatis ditampilkan di layar ponsel apabila pengguna di daerah bencana memakai produk Google, seperti mesin pencari Search dan peta Maps. Banner ini memuat aneka informasi yang diharapkan berguna untuk pengguna di lokasi bencana, seperti nomor telepon dan website layanan emergency, serta update situasi terkini dari otoritas setempat.

Setelah Google, kini giliran Apple yang juga memberikan sumbangan ke korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Apple, Tim Cook, melalui akun Twitter-nya @tim_cook.

“Hati kami bersama orang-orang di Sulawesi dan semua penduduk Indonesia setelah gempa bumi dan tsunami terjadi akhir pekan kemarin, Apple akan menyumbang USD 1 juta  (sekitar Rp. 15 miliar) untuk upaya bantuan karena negara indah ini mulai membangun kembali,” tulis Cook di akun twitternya

Sementara itu, pada Rabu (3/10/2018) pukul 13.00 WIB , Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan data jumlah korban meninggal akibat bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah sejauh ini mencapai 1.407 orang, dan 799 orang mengalami luka berat dan saat ini tengah dirawat.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here