Mahasiswi UNS Membuat Aplikasi Pengukur Kematangan Buah

0
163
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Mahasiswi asal Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ratih Rachmatika telah mengembangkan aplikasi buatannya. Aplikasi buatannya tersebut dapat mengukur tingkat kematangan buah, menurutnya aplikasi tersebut dapat membantu petani untuk menentukan masa panen.

Aplikasi Ratih dinamai Perishable Food Maturity and Freshness Detector (PERFECT), aplikasi tersebut dikembangkannya dalam waktu yang cukup singkat, “Baru Juli kemarin mulai dibuat,” kata Ratih, Rabu (03/10/2018).

Foto:ist

Menurutnya aplikasi itu dirancang untuk membantu petadi dalam menentukan tingkat kematangan buah, dia juga menyontohkan buah pisang harus dipanen saat tingkat kematangannya 70%.

“Sehingga tidak terlalu matang atau bahkan busuk saat berada di tangan konsumen,” katanya. Menurutnya lagi, penghitungan tingkat kematangan harus akurat, apalagi jika buah akan dipasarkan hingga luar negeri atau diekspor.

“Tingkat kematangan bisa teridentifikasi dari warna kulit buahnya,” kata Ratih. Warna-warna itu terbentuk melalui komposisi warna red, green dan blue (RGB), aplikasi itu digunakan untuk mengukur komposisi warna buah dengan database yang ada di aplikasi.

Meski aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, aplikasi buatan Ratih itu menjadi juara tiga dalam kompetisi karya tulis ilmiah nasional. Penghargaan langsung diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Ratih di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, pada September kemarin.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here