Setelah Ditetapkan Jadi Tersangka Ratna Sarumpaet Resmi Ditahan

0
340
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Aktivis perempuan Ratna Sarumpaet akhirnya resmi ditahan setelah sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebarab hoax penganiayaan, Jumat (5/10/2018).

”Setelah dilakukan pemeriksaan, kita temukan alat bukti, baik itu bukti petunjuk keterangan saksi dan keterangan tersangka. Bahwa penyidik setelah melakukan penangkapan dan mulai malam ini penyidik melakukan penahanan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono.

Ratna ditahan dengan surat perintah penahanan SP/925.TM/10/ Dit.Reskrimum. Aktivis wanita yang juga seorang seniwati tersebut telah menandatangani surat penahanan atas dirinya yang dimulai malam Jumat lalu.

Sesuai dengan undang-undang, Ratna ditahan di Polda Metro Jaya sepanjang 20 hari ke depan. Menurut pihak kepolian tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus ini.

”Semua kemungkinan bisa terjadi. Tergantung daripada nanti pengembangan kasus dari penyidik seperti apa,” ungkap Argo.

Ratna dijerat dengan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, dimana kebohongan yang dibuatnya menyebabkan keonaran.

Selain itu Ratna juga diancam Pasal 28, Pasal 45 Undang-Undang ITE terkait penyebaran hoaks penganiayaan. Atas kasus tersebut, Ratna terancam 10 tahun penjara.

Sebelumnya pada 21 September lalu, Ratna mengaku dipukuli orang tak dikenal di Bandung. Kebohongan tersebut kemudian disampaikan pada sejumlah politikus yang akhirnya juga turut menyampaikan kisah bohong Ratna itu ke publik.

Namun, penyelidikan polisi di lapangan menemukan fakta lain. Ratna ternyata di Jakarta pada tanggal tersebut, tepatnya di RS Bina Estetika hingga tanggal 24 September. Lebam di muka Ratna pun ternyata diakibatkan operasi sedot lemak yang dijalaninya.

Belakangan, Ratna mengakui semua yang dikatakannya itu adalah kebohongan. Cerita penganiayaan itu dikarang Ratna setelah wajahnya bengkak karena sedot lemak di RSK Bina Estetika Jakarta.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here