Indonesia Akan Promosikan Produk Unggulan di Alibaba

0
42
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) di Bali dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia untuk menggandeng mitra strategis. Salah satunya adalah kemitraan dengan Alibaba, perusahaan raksasa e-comerce yang dibangun Jack Ma.

Rencananya, melalui platform e-commerce Alibaba, Indonesia akan ikut mempromosikan sejumlah produk unggulan melalui program belanja daring tahunan di Cina berjuluk 11/11 ‘Single Day’.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan, pihaknya dijadwalkan akan bertemu dengan bos Alibaba tersebut pada Sabtu (13/10) mendatang

“Masih dalam rangkaian acara Pertemuan Tahunan IMF-WB. Kerja sama yang akan dijalin nantinya bertujuan untuk menggenjot ekspor Indonesia ke Cina, “katanya.

Mengenai produk apa yang akan dipromosikan dalam Single Day, Rudiantara mengatakan hal itu ditentukan oleh Kementerian Perdagangan dan Badan Ekonomi Kreatif.

“Jack Ma kan punya platform di sana. Bagaimana kita manfaatkan dan di sana ada 700 juta orang yang terhubung dengan jaringan. Ya kalau Jack Ma bicara beli barang Indonesia, maka mereka deeply considered,” kata Rudiantara di Press Center Pertemuan Tahunan IMF-WBG di Nusa Dua, Bali, Senin (8/10).

Hari libur tahunan di Cina yakni Single Day, dinilai tepat bagi Indonesia untuk ikut menawarkan produk unggulan. Alasannya, pada satu hari tersebut, platform belanja daring di Cina akan ramai-ramai menawarkan potongan harga.  Tahun 2017 lalu, penjualan produk di Alibaba menyentuh angka USD 25 miliar dalam satu hari saja.

“Produknya jangan banyak. Dua atau tiga saja, tapi harus available. Jangan sampai orang sana pesan tapi produk tidak ada,” jelasnya.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here