Ratusan Napi di Lapas Palu Telah Berangsur Kembali dengan Sukarela

0
169
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Ratusan napi di Pulau Palu, telah berangsur kembali ke rumah tahanan (Rutan) setelah sempat berhamburan kabur akibat bencana alam gempa dan tsunami.

Pihar rutan menghimbau agar napi yang masih ada di luar Rutan agar cepat kembali dan melapor baik secara langsung ataupun tidak langsung. Pihak rutan telah menerima ratusan napi yang telah kembali, pihak rutan telah menerima 130 hingga 140 orang napi yang kembali.

“Setiap kami menerima antara 130 hingga 150 napi yang datang melaporkan diri.” kata Kepala Rutan Palu, Nanang R, Selasa (9/10/2018).

Nanang juga menjelaskan, napi yang sudah melapor ke rutan diberikan kebijakan khusus dapat pulang kembali ke keluarganya untuk membantu meringankan dampak bencana tersebut. Namun ada juga sebagian napi yang langsung dimasukkan ke sel tahanan.

“Diantaranya ada yang kami langsung tahan dan yang lainnya masih kami berikan kebijakan untuk membantu kerabatnya yang menjadi korban” Lanjutnya.

Napi yang melaporkan dirinya umunya atas dorongan dan kesadaran diri sendiri. Mereka juga mengaku tenang setelah mengetahui kondisi keluarganya selamat dari gempa dan tsunami.

“Saya kembali ke sini sendirian tidak ada yang maksa karena saya sudah tenang sebab keluarga saya selamat dari gempa,” kata seorang warga binaan, Supriyadi.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here