Film ‘Lagi-lagi Ateng’, Ingatkan Kembali Grup Kwartet Jaya

0
155
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Kho Tjeng Lie, alias Andreas Leo Suripto, alias Ateng memang sudah lama tiada. Namun film-film pelawak yang pernah tergabung dalam Kwartet Jaya bersama Iskak, Eddy Sud dan Bing Slamet tersebut masih banyak disukai masyarakat hingga sekarang.

Setelah film-film lawas Warkop DKI, Benyamin S, dan Suzzanna diangkat kembali ke layar lebar, kini giliran cerita mendiang pelawak Andreas Leo Ateng Suripto alias Ateng kembali dibuat film baru.

Film Ateng yang berjudul Lagi-lagi Ateng tersebut diproduksi oleh 13 Entertainment bersama Dirgahayu Productions dan Ideosource Entertainment. Kerinduan penggemar Ateng akan terobati lewat film Ateng yang baru ini

Film drama komedi keluarga itu akan diperankan oleh dua tokoh utama, yakni Augie Fantinus sebagai Ateng dan Soleh Solihun sebagai yang berperan sebagai Iskak. Keduanya merupakan sahabat dekat dari grup lawak legendaris Kwartet Jaya (1970-an) bersama Eddy Sud dan Bing Slamet.

Sementara itu Manoj K Samtani selaku produser dari 13 Entertainment menceritakan alasan di balik pembuatan film yang digarap sutradara Monty Tiwa ini.

“Mereka adalah idola saya, dari kecil saya tumbuh besar bersama film-film mereka. Saya mengenal legenda Ateng dan Iskak dari kecil, dari kisah mereka saya belajar bahwa mereka membawa suatu memori, inilah alasan saya akan kembali mengangkat legenda ini,” ungkap Manoj K saat jumpa pers di daerah Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

Meski diambil dari kisah Ateng dan Iskak, kata Manoj, film yang digarapnya itu merupakan cerita baru. “Tapi memang mengangkat sosok Ateng dan Iskak itu sendiri,” jelasnya.

Almarhum Ateng terlahir dari keluarga etnis Cina di kota Bogor, 8 Agustus 1942. Ateng menikah dengan Theresia Maria Reni Indrawati yang kemudian dikarunia dua orang anak bernama Alexander Agung Suripto dan Antonius Aryo Gede Suripto.

Kelompok lawak Kwartet Jaya berhasil memberikan kejayaan buat Ateng, sang legenda lawak era ’70-’80-an. Berkat grup lawak itulah, eksistensi Ateng di dunia hiburan, khususnya komedi dan perfilman, diakui.

Kata “Jaya” di grup lawak yang beranggotakan empat orang itu benar-benar melekat dan seolah menjadi doa baik bagi para personelnya. Padahal, Jaya sebenarnya merupakan singkatan untuk Jakarta Raya. Tapi mereka benar-benar berjaya.

Ateng juga dikenal lewat sejumlah film-film komedi pada masanya. Mulai dari Ateng Bikin Pusing, Ateng Mata Keranjang, Ateng Minta Kawin, Tuyul Eee Ketemu Lagi, Kejamnya Ibu Tiri Tak Sekejam Ibu Kota  dan  Musang Berjanggut.

Film Lagi-Lagi Ateng telah merampungkan proses syutingnya dan dijadwalkan akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada awal 2019 nanti.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here