Menkeu Anggarkan Dana Kelurahan Sebesar 3 Triliun

0
46
Foto : Geotimes

Jakarta, namalonews.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengalokasikan Rp 3 triliun sebagai Dana Kelurahan dalam Rancangan APBN (RAPBN) 2019. Dana tersebut diambil dari pos Dana Desa di tahun 2019. Sebelumnya anggaran Dana Desa di 2019 ditetapkan sebesar Rp 73 triliun, kini anggaran Dana Desa hanya sebesar Rp 70 triliun.

“Dana Desa dikurangi Rp 3 triliun yang digunakan untuk tambahan DAU (Dana Alokasi Umum) untuk mendukung pendanaan kelurahan,” demikian menurut  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat di Ruang Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, Senin (15/10).

“Kami akan anggarkan Rp3 triliun untuk DAU yang di-earmark sebagai dana kelurahan. Kan selama ini ada kecemburuan katanya ‘kenapa hanya desa saja yang dapat dana’,” ujar Sri Mulyani.

“Karena masuk pos anggaran DAU, maka mekanisme dana kelurahan penyalurannya juga akan berbeda dengan dana desa,” imbuh Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, dana desa punya pos tersendiri dan menjadi bagian dari Transfer Keuangan Daerah dan Dana Desa (TKDD), di mana anggaran pemerintah pusat langsung dikelola oleh masing-masing desa.

Sedangkan untuk dana kelurahan, menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, pihaknya masih mencari cara agar tidak tercampur dengan penggunaan DAU lainnya.

“Nanti kami bahas, mengenai mekanismenya kita lihat bagaimana mekanisme dari masing-masing APBD dan  tetap berfokus ke kelurahan, tidak tercampur dengan DAU lain,” katanya.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here