Air PDAM di Solo Berubah Warna Menjadi Merah Darah

0
122
Foto : hetanews.com

Jakarta, namalonews.com – Air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mendadak berubah warna menjadi merah darah, kondisi tersebut terjadi di wilayah Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Bayu Tunggul, Humas PDAM Surakarta menjelaskan, perubahan warna yang terjadi sudah dirasakan warga sejak hampir dua minggu lalau, dan pihaknya terus mendapatkan komplain dari warga yang airnya berubah warnanya.

“Warnanya merah pekat seperti darah. Kadang warnanya biru. Tapi tidak berbau,” kata Bayu ,Rabu (17/10/2018).

Lokasi yang paling parah ada di RW 12 Kelurahan Banyuanyar, lokasi tersebut berada tepat di sebelah Utara rumah Jokowi. PDAM melakukan antisipasi dengan memotong pipa dan penyaring air agar air yang berwarna merah tersebut tidak lagi masuk ke rumah warga.

“Itu ada di Banyuanyar, hampir masuk ke wilayah rumah Pak Jokowi. Kita sudah antisipasi dengan memotong pipa yang mengalir air warna merah, kita buatkan washout, sudah empat titik. Sama kita kuras, walaupun setelah itu merah lagi, kan menghabiskan air ” Lanjut Bayu, Rabu (17/10/2018).

Setelah melakukan penyisiran PDAM akhirnya mengetahui sumber dari masalah tersebut. Ternyata penyebabnya berasal dari pabrik cat di sekitar wilayah Banyuanyar, Solo. “Kita keliling dengan Dinas Lingkungan Hidup, baru semalam ketemu sumbernya dari pabrik itu,” ujar Humas PDAM Surakarta, Bayu Tunggal, Rabu (17/10/2018)

Penulis : Thoriq Naghi irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here