Dijual Plat Nomor Polisi Unik Seharga Rp288 Miliar

0
485
Foto: Pool

Jakarta, namalonews.com – Desainer otomotif asal Inggris Afzal Kahn memiliki pelat nomor mobil unik yang harganya selangit. Pelat nomor dengan satu huruf dan satu angka saja bertuliskan F1 itu pernah ditempel di mobilnya Bugatti Veyron Super Sport dan McLaren Mercedes SLR.

Tahun 2008 silam, Kahn membeli pelat nomor tersebut di lembaga transaksi online di Britania Raya dengan harga 440 ribu pound sterling atau setara dengan Rp 8,8 miliar. Atas pembeliannya itu, Kahn dinobatkan sebagai pemilik pelat nomor mobil paling mahal yang pernah dilelang ketika itu.

Setelah 10 tahun berlalu, harga pelat nomor tersebut melonjak menjadi 14,7 juta pound sterling atau sekitar Rp288 miliar. Harga tersebut sudah termasuk biaya pajak dari pemerintah setempat senilai 2,7 juta pound sterling atau setara Rp 50 miliar.

Dilihat dari asal-usulnya, ternyata pelat nomor bertuliskan F1 tersebut sudah berumur 104 tahun. Hal ini diketahui berdasarkan laporan Essex Council, lembaga transaksi tempat Kahn membeli pelat nomornya itu.

Pelat nomor milik Khan seharga Rp288 miliarnya itu sekaligus menggeser harga jual pelat nomor termahal di Inggris lainnya yang bertuliskan 25 O dengan harga 518 ribu pound sterling atau setara Rp 10,3 miliar. Pelat nomor itu tertempel pada sebuah Ferrari 250SWB yang pernah dimiliki Eric Clapton yang jumlah unitnya cukup langka.

Seperti dilansir  Express, Kahn sebentar lagi akan mencopot gelarnya itu. Karena Kahn akan menjual pelat nomor kesayangannya pada lembaga lelang yang ada di Inggris.  Tapi sayangnya tidak ada alasan yang dibeberkan soal keputusannya menjual pelat nomor termahalnya itu.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here