Jusuf Kalla Hadiri KTT Asia-Eropa ke-12 di Belgia

0
208
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla hari ini dijadwalkan  menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Eropa (ASEM) ke-12 di Brussel, Belgia. Perhelatan itu digelar selama dua hari, Kamis-Jumat, 18-19 Oktober 2018.

Tadi malam, Rabu (17/10/2018), JK dan rombongan berangkat pada pukul 21.05 WIB, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta WIB menuju Changi Internasional Airport untuk transit.

Menurut juru bicara Wapres, Husain Abdullah, Wapres beserta rombongan melanjutkan penerbangan ke Belanda dengan perkiraan perjalanan 13 jam. JK diperkirakan tiba di Bandara Schiphol, Belanda, pada Kamis (18/10) sekitar pukul 08.30 waktu setempat dan melanjutkan perjalanan ke Brussel, Belgia, dengan kereta.

Selanjutnya JK dan rombongan menggunakan kereta api Thalys 9340 menuju Brussel, Belgia, dari Stasiun Amsterdam CS, pada pukul 11.17 waktu setempat, dengan waktu tempuh selama 1 jam 51 menit dan diperkirakan tiba pada pukul 13.08 waktu setempat.

Husein mengungkapkan, sore harinya JK dijadwalkan akan mengikuti rangkaian kegiatan ASEM 12 hingga Jum’at. Selain mengikuti rangkaian acara ASEM 12 tersebut, JK juga diagendakan akan bertemu warga Indonesia di Brussels dan melakukan sejumlah pertemuan bilateral.

KTT ASEM12 merupakan forum kepala negara dari 51 negara Eropa dan Asia yang dibentuk pada 1996. Konferensi yang dipimpin Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk, ini akan berfokus pada tema “Eropa dan Asia: Mitra Global untuk Tantangan Global”.

JK mewakili Indonesia berusaha memperkuat dialog dan kerjasama antara dua benua di berbagai bidang, seperti perdagangan, investasi, konektivitas pembangunan berkelanjutan dan iklim.

“Serta tantangan keamanan, seperti terorisme, non-proliferasi, keamanan cyber, dan migrasi tidak teratur,” ujar Husain.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here