Tim Robotik UGM Juarai Kompetisi Robot Dunia di Korea Selatan

0
140
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Enam mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil merebut mendali emas di ajang International Robot Contest (IRC) 2018 yang diadakan di Korea Selatan.

Gadjah Mada Robotic Team (GMRT) berhasil meraih juara satu dalam kategori Autonomous Curling dan juara tiga para kategori Boxing. GMRT sendiri terdiri dari mahasiswa Fakultas Teknik, Fakultas MIPA.

Personil GMRT adalah Ikrima Sabri, Tribagus Novandi Winantyo, Dini Nur Anisa, Muhammad Hadyan Akbar, Farchan Hakim Raswa dan Arifandhi Nur Muhammad. Mereka didampingi dosen pembimbing Wahyono.

Kejuaraan robotik dunia IRC di Korea Selatan diikuti dari 10 kampus dari negara-negara asia mulai Jepang, Hongkong, Taiwan, Indonesia dan tentu Korea Selatan. Menurut Dini, persiapan sudah dilakukan sejak Juli 2018

Kategori Curling adalah lomba menendang bola hockey sampai tepat pada sasaran yang ditargetkan berupa daerah lingkaran yang terbagi menjadi tiga bagian. Jika bola tepat berada di zona kuning satu poin, hijau tiga poin dan merah lima poin.

“Setiap tim diberi kesempatan mengumpulkan poin sebanyak empat kali trial dan setiap trial diberi waktu 100 detik, setiap tim berlomba meraih pon sebanyak mungkin,” kata Dini, Senin (22/10/2018)

“Salah satu servo robot yang kami bawa rusak, sehingga pada hari pertama lomba robot tidak bisa digunakan, tapi dapat kami atasi dengan membeli servo baru yang kebetulan terdapat produsen di lokasi pameran perlombaan,” lanjutnya.

Total peserta pada kategori RC curling dan autonomous ada sekitar 25 tim yang berasal dari berbagai negara seperti Korea, Hongkong, Taiwan, Jepang dan Indonesia. Tim UGM mendapat juara satu pada autonomous curling.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here