Airlangga Hartarto Hadiri Haul Kiai Ageng Gribig di Klaten

0
120
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto didampingi cawapres KH Mar’ruf Amin menghadiri haul besar Kiai Ageng Gribig di Klaten Jawa tengah, Rabu (24/10/2018). Keduanya juga menyempatkan diri berziarah ke makam ulama tersebut.

Airlangga Hartarto  yang memang memiliki garis keturunan dari Kiai Ageng Gribig dalam kunjungannya tersebut juga sekaligus untuk meresmikan bangunan makam yang telah selesai direnovasi.

Peresmian renovasi itu ditandai dengan menandatangani prasasti oleh Airlangga sebagai yang bertindak sebagai Menteri Perindustrian RI. Airlangga dan Ma’ruf Amin kemudian masuk ke dalam cungkup yang terdapat makam Kiai Ageng Gribig untuk berdoa.

“Kebetulan makam yang di ruangan ini yang bangun bangsalnya adalah ayah saya pada tahun 1992. Kemudian baru saja kita merapikan bangunan yang ada di dalam dan lantainya. Ini amanat dari almarhum ayah saya untuk merapikan,” ujar Airlangga.

Sementara itu, Ma’ruf Amin memberikan penghormatan kepada Kiai Ageng Gribig yang telah berjasa dalam menyebarkan Islam di tanah Mataram. Cawapres ini berharap cara penyebaran agama yang dilakukan Kiai Ageng Gribig dapat ditauladani.

KH Ma’ruf Amin menjelaskan hal tersebut menjadi penting karena Kiai Gribig merupakan penyebar Agama Islam di tanah Mataram ini. Cara penyebaran yang dilakukan dengan damai santun dan toleran, tidak terjadi kegaduhan.

Sekedar informasi, acara haul Kiai Gribig ini merupakan rangkaian acara Yaqowiyu yang rutin digelar setiap tahun. Adapun puncak acaranya akan dilangsungkan Jumat (26/10/2018) besok.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here