Musim Hujan Tiba, Pemkot Surabaya Adakan Pelatihan Pertolongan di Air

0
178
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, menggelar Pendidikan Pelatihan (Diklat) potensi SAR teknik pertolongan air atau disebut juga ‘water rescue’, pelatihan tersebut diadakan pada 15-25 Oktober 2018 yang bertempat di Politeknik Pelayaran Surabaya.

Mia Santi Dewi, Kepala BKD Surabaya menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan tersebut, antara lain adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan penanganan bencana yang khususnya pertolongan di air.

“Kami secara rutin menggelar pelatihan seperti ini, sebagai tambahan kompetensi bagi para petugas di lapangan.” Kata Mia, Rabu (24/10/2018).

Foto:ist

Mia mengatakan, peserta diklat ‘water rescue’ merupakan jajaran di lingkup Pemkot Surabaya, seperti anggota BPB Linmas, Satpol PP, dan petugas pemadam kebakaran, dengan total jumlah 30 orang peserta.

Penyelenggaraan acara pelatihan tersebut merupakan kerjasama antara Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) bersama Badan SAR Nasional (Basarnas). Pelatihnya didatangkan langsung dari Basarnas.

“Tapi untuk praktik pertolongan (water rescue), dilaksanakan di Sungai Kalimas, tepatnya di dermaga Taman Prestasi, pada 24 Oktober 2018,” lanjutnya.

Dengan paletihan ini, nantinya petugas diharapkan bisa memberikan pertolongan terhadap korban di air atau di daerah yang berombak serta berarus. Bahkan naninya, jika sewaktu-waktu ada kejadian seperti ini, petugas mampu melakukan teknik pencarian dan meyelamatkan korban.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here