Surya Paloh : Ucapan ‘Politikus Sontoloyo’ oleh Jokowi Adalah Hal yang Wajar

0
347
Foto : dpw nasdem jateng

Jakarta, namalonews.com – Ketum Partai Nasdem Surya Paloh mengomentari soal ucapan Presiden Jokowi terkait banyaknya ‘politikus sontoloyo’. Surya menganggap ucapan Jomowi adalah hal yang wajar.

“Wajar sekali, saya pikir nggak ada yang salah ya. Bung Karno juga menyebutkan istilah sontoloyo itu,” kata Surya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Surya menyamakan Jokowi dengan presiden pertama Indonesia Soekarno. Proklamator tersebut, katanya, pernah mengatakan hal yang sama.

Surya menilai Jokowi telah bersikap rendah hati dengan mengakui kalau ucapan ‘sontoloyo’ itu adalah kelepasan. Seandainya dirinya yang mengucap hal tersebut, Surya mengaku belum tentu bisa bersikap demikian.

Politikus kelahiran Aceh, Sumatera Utara ini berharap masing-masing kubu, Jokowi dan Prabowo Subianto, bisa mengendalikan diri menghadapi kontestasi Pilpres 2019. Sekedar mengingatkan, Surya mengatakan sejatinya Indonesia adalah satu.

“Kita semuanya adalah satu. Saudara sebangsa dan setanah air. Pilpres nggak tiap hari dan pileg nggak tiap hari, lima tahun sekali. Tetapi kita berada di negeri ini setiap hari sebagai saudara,” ucap Surya.

Jokowi sebelumnya pernah mengucapkan kata ‘politikus sontoloyo’ saat bicara soal perpolitikan di Indonesia di acara penyerahan sertifikat tanah di Lapangan Sepakbola Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018).

Ketika itu Jokowi mengatakan agar masyarakat hati-hati, karena selain banyak politik yang baik-baik, ada juga  politik yang sontoloyo. Masyarakat diminta untuk mem-filter atau menyaring mana yang betul dan mana yang tidak betul.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here