Timnas U-19 Indonesia Lolos Perempat Final Setelah Kalahkan UEA

0
284
Foto : AFC

Jakarta, namalonews.com – Dalam laga terakhir Grup A Piala Asia U-19 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018) malam, Timnas U-19 Indonesia berhasil kalahkan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-0.

Pada babak pertama, Indonesia mendapatkan peluang emas pada menit ke-12. Namun, sundulan Hanis Saghara masih menyamping di sisi kanan gawang UEA. Tiga menit berselang, Egy Maulana Vikri  hampir membuat gol. Namun, umpan lambung dari Saddil Ramdani ke gawang UEA gagal disambut Egy.

Pada menit ke-23, Witan berhasil merebut bola setelah memanfaatkan kesalahan dari pemain belakang UEA. Witan berlari dengan cepat menggiring bola ke sisi kiri kotak penalti UEA dan melepaskan tendangan yang berhasil mencetak gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain setelah kapten Nur Hidayat melakukan pelanggaran di menit 55. Atas pelanggaran tersebut, Nur Hidayat menerima kartu merah.

Di menit ke-67, Egy Maulana Vikri mengalami cedera. Setelah sempat beberapa saat bermain dengan 9 orang, Egy yang beberapa kali menerima perawatan akhirnya harus diganti di menit ke-74.

Skor akhir 1-0 atas kemenangan Indonesia. Dengan hasil ini Indonesia melaju ke babak perempat final sebagai runner up Grup A setelah unggul produktivitas gol atas UEA. Dan Qatar berada di puncak klasemen Grup A Piala Asia U-19.

Penentuan lolos dan tidak bukan lagi dihitung dari head to head, selisih gol, serta hasil lawan Chinese Taipei, sebab Qatar, Indonesia, UEA memiliki nilai sama, 6 poin.

Foto : AFC

Dengan hasil itu, maka akan dibuat klasemen kecil tanpa memperhitungkan Chinese Taipei yang pasti tersingkir. Selisih gol ketiga tim itu akan dihitung dengan menghapus jumlah gol ketiga tim saat melawan Chinese Taipei.

Hasil akhirnya, Qatar menjadi pemuncak klasemen karena memiliki jumlah tujuh gol. Sementara Indonesia mendapat enam gol sehingga menjadi runner-up, sedangkan UEA meraih posisi ketiga klasemen akhir Grup A karena hanya mendapat dua gol.

Dalam laga selanjutnya, Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Jepang di perempat final pada Minggu (28/10/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Jepang adalah lawan yang berat bagi Indonesia, karena Jepang berstatus juara bertahan di turnamen ini. Mereka menjuarai Piala Asia U-19 tahun 2016 yang berlangsung di Bahrain.

Apabila bisa menang menghadapi Jepang, Indonesia berhak tampil di Piala Dunia U-20 2019 di Polandia pada Mei-Juni tahun depan.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here