Indonesia Terpilih Menjadi ‘Market Focus’ di London Book Fair 2019

0
146
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Indonesia terpilih menjadi market focus di ajang London Book Fair 2019 mendatang. London Book Fair 2019 berlangsung pada 12-14 Maret 2019 di Olympia London, Hammersmith Road, London.

Di ajang London Book Fair 2019, Indonesia memperkenalkan ‘17.000 Kepulauan Imajinasi’ kepada masyarakat internasional yang melambangkan kekayaan intelektual dan seni.

Terpilihnya Indonesia sebagai negara Asia Tenggara pertama sebagai market focus membuka peluang bagi terjualnya industri buku tanah air ke mancanegara.

“Ini adalah kesempatan kita untuk mempromosikan buku Indonesia. London Book Fair adalah pasar kunci di seluruh dunia, ya di Inggris Raya dan Amerika Utara sangat penting,” ujar John H. McGlynn, Ketua Bidang Acara Komite Nasional Pelaksana Market Focus Country di LBF 2019, saat jumpa pers di Honeymoon Guesthouse, Jalan Bisma, Ubud, Bali, Kamis (25/10/2018).

Foto:ist

Hadirnya Indonesia di berbagai pameran buku internasional membuat penjualan rights (hak cipta) meningkat. Sampai sekarang sudah ada sekitar 1200 judul buku yang sukses terjual. Di tahap awal, ada 12 penulis Indonesia yang bakal dikirim ke London Book Fair 2019.

“Pendapat mereka perlu didengar di luar negeri. Untuk apa kami memilih orang yang punya suara yang sama seperti penulis Inggris, kami memilih mengutamakan ke-Indonesiaan-nya. Selain itu, yang terpenting lainnya mereka fasih berbahasa Inggris. Karena tidak mungkin kami menyiapkan penerjemah,” ujar John H.McGlyn.

Penulis yang terpilih di antaranya adalah Agustinus Wibowo, Clara Ng, Dee Lestari, Faisal Oddang, Intan Paramaditha, Laksmi Pamuntjak, Leila S.Chudori, Nirwan Dewanto, Norman Erikson Pasaribu, Reda Gaudiamo, Seno Gumira Ajidarma, dan komikus Sheila Rooswitha Putri.

Buku-buku yang diprediksi menarik minta penerbit Eropa adalah buku sastra dan buku anak-anak dengan ilustrasi.

Selain pameran buku, ada lima film adaptasi buku yang akan ditayangkan dalam program ‘London Book and Screen Week’ yaitu, Laskar Pelangi (2008), Sang Penari (2011), Filosofi Kopi (2015), Laut Bercerita (2017), dan Dilan 1990 (2018).

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here