Titanic II Segera Meluncur Menelusuri Rute yang Sama dengan Titanic I

0
3116
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Bayangan tragedi yang menimpa Kapal Titanic I seakan tidak pernah hilang hingga sekarang. Para ahli berusaha menguak misteri dari kapal yang tenggelam di perairan Atlantik Utara pada tahun 1912 tersebut.

Seorang miliuner asal Australia, Clive Palmer berambisi untuk ‘menghidupkan’ kembali romantisme Titanic tersebut.  Memakai bendera perusahaan Blue Star Line, Titanic II kini sedang dibuat.  Kapal ini memiliki kapasitas ruang yang cukup untuk 2.435 penumpang dan 473 awak. Juga  akan dilengkapi dengan sekoci yang memadai serta jaket pelampung.

Disebutkan, Titanic II, akan memiliki ukuran lebih lebar empat meter dari ukuran asli Titanic. Untuk menghindari bencana berulang, Titanic II akan dilengkapi dengan banyak kapal kecil di sampingnya. Juga di setiap area akan ditambah peralatan navigasi dan radar modern.

Blue Star Line, kontraktor kapal Titanic II, mengatakan kapal Titanic II yang sedang dibangun ini memiliki sembilan tingkat dan memiliki 835 kabin. Sementara itu, menurut laporan dailmymail.co.uk, pembuatan kapal Titanic II menghabiskan biaya sekitar 500 juta US Dollar (Rp7,5 triliun).

Pelayaran perdananya dijadwalkan pada tahun 2022. Rutenya sendiri akan dimulai dari Dubai ke Southampton. Selanjutnya Titanic II akan menelusuri kembali rute yang sama dengan Titanic pertama menuju ke New York. Selain itu direncanakan juga untuk pelayaran mengelilingi dunia.

Rute asli Titanic sendiri sebenarnya di mulai dari Southampton, Inggris ke New York yang berlayar pada 10 April 1912. Namun pada 15 April 1912, Titanic menabrak gunung es dan tenggelam di perairan Atlantik Utara di tengah cuaca dingin.

“Pada tahun 1912 Titanic merupakan kapal impian. dan setelah itu selama lebih dari satu abad kapal tersebut menjadi misteri,” kata Palmer seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (24/10/2018).

“Jutaan orang telah memimpikan berlayar, melihatnya di pelabuhan, menikmati kemegahan dari Titanic dan Titanic II akan menjadi kapal yang mewujudkan mimpi itu,” tambah Palmer.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here