Cina Sedang Mengembangkan Robot ‘Terminator’ yang Bisa Berubah Bentuk

0
394
Foto : ru.kisspng.com

Jakarta, namalonews.com – Para ilmuwan Cina kini sedang mengembangkan sebuah mesin robot yang memiliki tipe seperti T-1000 seperti robot yang pernah ada di film “Terminator”. Robot tersebut didesain untuk memperbaiki diri sendiri dan juga berubah bentuk.

Robot ini berukuran sebesar telapak tangan dan terdiri dari roda plastik, baterai lithium kecil, dan sejumlah metal cair. Rodanya akan berguling ketika metal cairnya mengubah pusat gravitasi, yang dikendalikan dengan mengubah voltase pada baterai.

“Kami terinspirasi dari T-1000 dari ‘Terminator 2: Judgement Day’,” ujar Li Xiangpeng, seorang profesor robotika di Soochow University, Suzhou, Cina.

Li merancang robot dengan metal cair bersama kawannya Zhang Shiwu dari University of Science and Technology if China, juga dibantu oleh para peneliti dari University of Wollongong, Australia.

Para ilmuwan telah memulai proyek mereka sejak enam tahun lalu, ketika itu mereka berhasil menemukan material unik dari campuran metal cair, seperti konduktivitas tegangan listrik yang tinggi, tegangan permukaan yang terkendali, hingga fleksibilitas yang ekstrem.

“Kami pikir campuran metal cair itu bisa membantu pengembangan robot yang bisa mengatur diri sendiri dengan mengubah bentuknya,” ujar Tang Shiyang, salah satu peneliti dari University of Wollongong, dilansir South China Morning Post.

Meskipun bentuknya sangat beda dari robot yang dalam filmnya yang bisa membunuh, tapi peneliti mengatakan desain yang mereka rancang bisa membawa manusia sedikit lebih dekat dengan robotika berbahan lembut dari material yang sangat sesuai dan menyerupai organisme hidup.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here