Kata Jokowi lagi, Ini 5 Jurus (Isu) yang Dimainkan Politikus Sontoloyo

0
310
Foto : Ngopibareng

Jakarta, namalonews.com – Presiden Jokowi untuk kesekian kalinya menyebut politikus sontoloyo. Kali ini diucapkannya saat menghadiri Apel Siaga Pemenangan Partai Nasional Demokrat yang digelar di Jatim Internasional Expo, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Minggu (28/10).

Menurut Jokowi para politikus sontoloyo tersebut  menyerang dirinya melalui sejumlah isu negatif menjelang Pilpres 2019.  Sekarang ini, kata Jokowi, politikus sontoloyo kerap kali melakukan peperangan isu.

“Kalau kita bisa menjelaskan secara baik, secara sederhana, bisa diterima oleh masyarakat akan sangat gampang sekali kita masuk dan berkomunikasi kepada rakyat,” kata capres nomor urut 1 ini..

Jokowi mencatat setidaknya ada lima jurus atau isu yang biasa dimainkan oleh politikus sontoloyo kepada dirinya. Yang pertama, politikus ini menyerang dengan mengatakan Jokowi adalah antek asing.

Jokowi mengklaim bahwa di bawah kepemimpinannya telah berhasil mengambil alih sejumlah blok penghasil minyak besar yang selama bertahun-tahun berada di tangan asing.

Jurus atau isu kedua adalah adalah informs hoax terkait masuknya jutaan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina ke Indonesia. Jokowi menyebut politikus sontoloyo seringkali mengumbar tudingan bahwa Indonesia saat ini diserbu oleh setidaknya lebih dari 10 juta TKA.

Jokowi juga menyebut jurus lain yang dimainkan politikus sontoloyo, yaitu dirinya sering kali mendapat mendapat tudingan sebagai anggota partai terlarang di Indonesia, Partai Komunis Indonesia (PKI).

Jurus lainnya adalah sebutan dirinya yang mengkriminalisasi ulama. Jokowi menampik tudingan itu  dan meminta penudingnya untuk menjelaskan dengan jelas maksud dan tujuan dari isu kriminalisasi ulama tersebut.

Berikutnya adalah soal tudingan inkar janji pada reforma agraria yang termaktub dalam Nawacita. Saat ini, kata Jokowi, pihaknya baru berhasil melakukan reforma agraria untuk 1 juta 80 hektare lahan, baik untuk tanah adat, kelompok, ataupun perorangan.

Jurus terakhir yang dimainkan politikus sontoloyo, menurut Jokowi, adalah isu pembebasan jalan tol Surabaya-Madura (Suramadu) yang digratiskan bagi para pengguna jalan tersebut.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here