Warga Surabaya Dilatih Untuk Menghadapi Gempa

0
211
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Pemerintah Kota Surubaya, Jawa Timur, mengadakan simulasi untuk menghadapi gempa. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat, seperti tindakan apa yang harus mereka lakukan untuk menghadapi gempa.

Ada beberapa instansi yang dilibatkan dalam simulasi tersebut, diantaranya Satpol PP, BPB Linmas, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, PMI, Pemadam Kebakaran (PMK), Dinas Perhubungan, BPBD Provinsi Jatim, Kepolisian, TNI, Tagana, Basarnas, dan warga Kecamatan Krembangan Surabaya.

Eddy Christijanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat Kota Surabaya, menjelaskan bahwa simulasi dan mitigasi bencana gempa tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan bencana gempa.

Walaupun potensi gempa di surabaya sangatlah kecil kemungkinannya, namun dia menilai tetap harus diwaspadai. Karena menurut Eddy warga Surabaya belum terbiasa mengambil keputusan jika terjadi gempa.

“Oleh karena itu, kami melatih kepada mereka supaya tahu cara-caranya. Kalau ada bencana gempa apa yang harus dilakukan, apa saja yang perlu diselamatkan dan hal-hal yang harus dilakukan pasca-bencana,” kata Eddy di akhir kegiatan simulasi dan mitigasi bencana gempa yang bertempat di RW III Kelurahan Dupak, Surabaya, Minggu, (28/10/2018).

“Simulasi ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada 27-28 Oktober 2018. Yang kemarin itu, gladi kotor dan gladi bersih. Dan sekarang pelaksanaannya,” tambah Eddy.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here