Tuti yang Dieksekusi Mati Arab Saudi Sering Disiksa Majikannya

0
171
Foto : baca.co.id

Jakarta, namalonews.com – Satu lagi buruh migran Indonesia, Tuti Tursilawati, dieksekusi mati oleh pemerintah Arab Saudi, Senin (29/10/2018). Tuti Tursilawati bekerja di Arab Saudi sejak 2009 dan bekerja sebagai perawat lansia pada sebuah keluarga di Kota Thaif.

Pada 2010 lalu Tuti didakwa membunuh majikannya, Suud Malhaq al-Utibi. Tuti dieksekusi mati oleh pemerintah Arab Saudi, sekitar jam 9 waktu Arab tanpa pemberitahuan resmi kepada pemerintah Indonesia.

“Kemarin pagi jam 9 waktu Arab, Tuti Tursilawati dieksekusi mati di Arab Saudi tanpa notifikasi kepada pemerintah Indonesia,” demikian menurut Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care Anis Hidayah yang menulis di akun Facebooknya. Ia meminta maaf tidak bisa menyelamatkan Tuti.

Eksekusi mati yang dialami Tuti Tursilawati menambah daftar buruh migran yang dieksekusi mati pemerintah Arab Saudi tanpa pemberitahuan resmi kepada pemerintah Indonesia. Mereka antara lain Yanti Irianti, Ruyati, Siti Zaenab, dan Karni.

Tuti diketahui memukulkan sebatang kayu ke majikannya, seorang pria tua bernama Suud Malhaq Al Utibi, di rumah majikannya itu yakni di kota Thaif, pada 11 Mei 2010. Melihat majikannya terkapar karena pukulannya, Tuti berusaha kabur dari rumah.

Selanjutnya, Tuti bertemu sekelompok pria, sekitar sembilan orang. Awalnya, pria-pria tersebut menjanjikan bantuan untuk mengantar perjalanan Tuti ke Mekah, lepas dari rumah majikannya di Thaif.  Namun ternyata di tengah jalan Tuti dibawa ke rumah kosong dan mendapat pelecehan seksual.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here