Cina Akan Luncurkan Bulan Buatan ke Luar Angkasa

0
273
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Saat ini ilmuwan di Cina sedang membuat bulan buatan untuk diluncurkan ke ruang angkasa. Diperkirakan bulan buatan tersebut memiliki kekuatan 8 kali lebih terang dibandingkan dengan bulan asli.

Bulan buatan yang dikembangkan di Chengdu Aerospace Scince and Technology Microelectronics System Research Institute itu dijadwalkan akan meluncur pada 2020 mendatang.

Menurut rencananya, para ilmuwan Cina akan mengarahkan bulan buatan itu ke kota Chengdu, salah satu dari 3 kota terpadat di Cina Barat dimana terdapat sekitar 14,5 juta orang yang tinggal di wilayah tersebut.

Bulan buatan tersebut akan mengorbit dui luar angkasa, sekitar 500 km jarak dari Bumi, dibandingkan dengan Bulan asli yang mengorbit 380.000 km.

Seperti dikutip dari laman MajalahTime, Chairman Chengdu Aerospace, Wu Chunfeng, mengatakan bahwa bulan buatan itu akan menerangi daratan seluas 80 kilometer di bawahnya dan kemungkinan bisa menggantikan lampu penerangan jalan.

Wu memperkirakan bahwa bulan baru tersebut dapat menyelamatkan kota Chengdu sekitar 1,2 miliar yuan (USD173 juta) untuk biaya listrik setiap tahun.

Namun beberapa kelompok mengatakan bahwa lampu yang dipantulkan dari luang angkasa tersebut bisa membawa dampat negatif bagi aktivitas hewan tertentu, serta juga bisa mengganggu pengamatan astronomi.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here