Jokowi : Kita Sudah Protes Soal Eksekusi Itu

0
722
Foto : bloomberg.com

Jakarta, namalonews.com – Terkait eksekusi mati TKI asal Indonesia, Tuti Tursilawati, Presiden Jokowi mengaku sudah mendapat informasi tentang hal tersebut. Namun Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), kata Jokowi, tidak menerima informasi mengenai eksekusi itu.

“Dan seperti yang lalu, KBRI-KJRI ini tidak mendapat pemberitahuan awal tentang akan dieksekusinya Ibu Tuti. Kita sudah menelepon Menteri Luar Negeri Arab Saudi, protes soal eksekusi itu,” ujar Jokowi kepada awak media di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Jokowi juga menambahkan sudah beberapa kali Indonesia  meminta perlindungan TKI disana. Perlindungan TKI juga selalu disampaikan Menlu Retno LP Marsudi saat bertemu dengan Menlu Arab Saudi.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memanggil Duta Besar Arab Saudi Osama al-Shuaibi untuk menyampaikan protes. Retno memprotes proses eksekusi yang tidak didahului dengan pemberian notifikasi resmi kepada Pemerintah Indonesia.

Pemerintah Saudi sebelumnya juga pernah beberapa kali melakukan eksekusi mati WNI tanpa memberikan notifikasi resmi terlebih dulu, antara lain eksekusi mati atas TKI Zaini Misrin pada pertengahan Maret 2018.

Kemudian juga eksekusi mati atas Siti Zaenab pada April 2015 yang juga dilakukan tanpa pemberitahuan resmi terlebih dulu kepada Pemerintah Indonesia, serta di tengah proses hukum yang belum selesai.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here