Pemprov DKI Jakarta Tetapkan UMP 2019 Sebesar Rp. 3,9 Juta

0
174
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Sekretaris Daerah Saefullah mengesahkan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2019 sebesar Rp. 3.940.973.

Pengumuman tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 114 Tahun 2018 tentang Upah Minimum Provinsi Tahun 2018.

“Itu sesuai ketentuan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2013 tentang Upah Minimum, yang harus diumumkan secara serentak setiap tanggal 1 November,” ujar Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Dari penetapan UMP tersebut, Pemprov DKI Jakarta berupaya meningkatkan kesejahteraan pekerja melalui perluasan manfaat Kartu Pekerja. Penerima kartu tersebut akan memperoleh tambahan manfaat seperti layanan naik Transjakarta gratis di 13 koridor, member JakGrosir, penyediaan pangan dengan harga murah, dan bantuan biaya personal pendidikan (KJP Plus) mulai Rp 250 ribu sampai Rp 450 ribu per anak.

“Teman pekerja nanti difasilitasi oleh Pemprov berupa kartu pekerja, dengan tambahan manfaat bisa naik TJ gratis, dan bisa ikut program penyediaan pangan dengan biaya murah, serta bantuan operasional pendidikan KJP plus bagi putra-putrinya,” lanjut Saefullah.

Kedepannya penyediaan pangan murah dapat ditemui di Pasar Jaya, Dharma Jaya, RPTRA, Rusun, dan di sebagian Koperasi Serikat Pekerja. Syarat untuk memiliki Kartu Pekerja tersebut diantaranya harus memiliki KTP DKI Jakarta, berpenghasilan maksimal setara dengan UMP atau 10% diatas UMP, dan tidak dibatasi masa kerjanya.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here