Hari ini 107 Tahun yang Lalu, Pabrik Mobil Chrevrolet Berdiri di AS

0
300
Foto : OtoDriver

Jakarta, namalonews.com – Industri otomotif saat ini berlomba-lomba untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendaranya. Dengan teknologi mumpuni dan desain yang modern, beragam mobil pun mengaspal di jalanan.

Tahukah kita bahwa hari ini 107 tahun yang lalu, tepatnya pada 3 November 1911, sebuah pabrikan otomotif bernama Chevrolet berdiri di Amerika Serikat. Chevrolet memberikan warna berbeda pada industri otomotif yang sebelumnya ada.

Chevrolet berasal dari gagasan dua orang pionirnya, Louis Chevrolet yang merupakan seorang pembalap mobil asal Swiss dengan William C Durant, seorang pengusaha/pendiri dari General Motors (GM). Kedua orang ini mempunyai harapan yang besar untuk mendorong bisnis otomotif baru.

Barulah pada 1913, Chevrolet berhasil menyelesaikan rakitan mobil perdananya. Insinyur dan teknisi dari pabrikan itu sukses mengembangkan Seri C Classic Six dengan menghabiskan dana 2.500 dollar. Mobil ini dibangun untuk melemahkan pasaran Ford yang sangat berkuasa di AS ketika itu.

‘Chevy Bowtie’, logo Chevrolet yang berbentuk seperti dasi kupu-kupu, untuk pertamakalinya dikenalkan pada 1914 dengan menempel pada seri H dan seri L. Banyak kontroversi mengenai asal-usul lambang ini.

Sebagian ada yang mengatakan logo tersebut berasal dari kamar hotel di Perancis. Sebagian lagi menyebut logo perusahaan batubara, dan versi silang dari salib Swiss untuk menghormati Louis Chevrolet.

Chevrolet mengalami perkembang luar biasa. Pada tahun 1919, Chevrolet memperkenalkan truk ringan pertamanya yang dibangun di atas sasis mobil. Logo dari Chevy pun mulai dibubuhkan pada truk model perdana ini.

Mobil Corvette yang membawa mesin injeksi pertama juga muncul untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan mesin yang lebih baik pada 1950-an. Sekarang, hampir setiap benua terdapat mobil asal Amerika ini. Chevrolet membuat pengaruh yang besar terhadap industri otomotif.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here