Satuan Berat Kilogram akan Didefinisikan Ulang

0
589
Foto : antiquekunodandjadoel.blogspot.com

Jakarta, namalonews.com – Kilogram selama ini dipakai untuk mengukur berat suatu benda. Satu kilogram setara bobotnya dengan 1000 gram, itu adalah satuan berat yang sudah umum dipakai masyarakat dunia.

Suatu hari nanti jangan kaget dengan adanya perubahan satuan kilogram. Sebab para ilmuwan kini sedang merencanakan akan mendefinisikan ulang ukuran kilogram.

Seperti dilansir dari laman Scientific American, Senin (5/11/2018), alasan ilmuwan untuk mendefinisikan ulang satuan kilogram ini adalah karena adanya penyusutan ukuran.

Menengok ke belakang sejenak, alat pengukuran massa satu kilogram yang asli saat ini disimpan di Louis XIV Pavillon de Breteuil, Prancis. Alat tersebut bernama Le Grand K. Perangkat itu berupa silinder iridium dan platinum kecil yang telah berusia 139 tahun.

Perangkat pengukur satu kilogram itu sangat penting dan bersejarah, makanya alat itu disimpan, dijaga ketat sebaik mungkin dan di museumkan di paviliun tersebut.

Untuk menjaganya, maka dahulu dibuat tiruan Le Grand K untuk menjadi standar ukuran. Salinan Le Grand K yang beredar tersebut disebut working standard. Masing-masing salinan itu telah tersebar di seluruh dunia untuk menjadi standar bobot masing-masing negara.

Nah, kini ilmuwan memeriksa satuan kilogram pada Le Grand K, dan menemukan ada penyusutan. Ilmuwan menemukan, kira-kira lima bagian dalam 100 juta atom pada Le Grand K itu lebih berat dari semua working standard.

Temuan tersebut lalu mendorong ilmuwan untuk mendefinisikan ulang kilogram. Para ahli berpendapat, sudah saatnya definisi satu kilogram ini bukan ditentukan oleh objek fisik tapi melalui perhitungan konstanta fundamental.

Ilmuwan berpandangan, pengukuran dengan konstanta fundamental tidak akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga aman tidak akan ada penyusutan ukuran.

Dalam waktu dekat ilmuwan perwakilan dari 57 negara akan berkumpul dalam sebuah konferensi General Conference on Weights and Measures di Versailles, Prancis pada November ini, untuk memberikan suaranya atas definisi satu kilogram. Ilmuwan mengharapkan definisi ulang kilogram bisa disepakati dan mereka ingin pemensiunan Le Grande K juga bisa disepakati.

Selain mendefinisikan ulang satuan bobot kilogram, dalam konferensi tersebut juga akan mendefinisikan ulang satuan lain, yakni ampere untuk satuan arus listrik, kelvin untuk satuan suhu, mol untuk satuan jumlah zat.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here