Motor Listrik Buatan Indonesia Akan Diproduksi Massal Awal 2019

0
56
Foto:ist

Jakarta, namalonews.com – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, mengatakan motor listrik nasional Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) akan diproduksi massal pada Januari 2019.

Dia menjelaskan, motor listrik inovasi yang dilakukan oleh ITS sudah siap diproduksi massal usai melewati serangkaian uji coba.”Tahap industri ini barangnya sudah sangat siap dan Insya Allah produksi massal akan dilakukan pada bulan Januari,” kata Nasir di Komplek Istana, Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Pihak yang akan memproduksi motor Gesits ialah PT Wima yang merupakan perusahaan patungan antara Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (Wikon) dengan PT Garansindo Teknologi Indo (GTI). Dalam masa produksinya, Nasir mengatakan dalam satu tahun akan ada 60.000 unit dengan hitungan per bulannya 5.000 unit.

Foto : ist

Rektor ITS Joni Hermana mengatakan, Motor listrik Gesits bisa melaju hingga kecepatan 120 km per jam. Kekuatan satu baterai bisa untuk menempuk jarak 70 km, dan jika baterai habis dapat diisi kembali.

“Yang biasanya kita lakukan itu 2-3 jam chargingnya itu. Dan bisa mencapai kecepatan sampai 120 km/jam, maksimal. Bahkan 150 bisa. Cuma 120 batas yang aman. Dan waktu pakai sekitar 70 km,” kata Joni.

Yang pasti, kata Joni, pada Januari 2019 Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkam secara resmi produksi massal motor listrik Gesits.”Januari ya. Tadi presiden bilang rencananya peluncuran akan dilakukan Januari. Kita tidak ikut berinvestasi. Kita hanya mendapatkan royalti saja,” ungkap dia.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here