Bukan Hal Baru, Remaja Mabuk Air Rebusan Pembalut Wanita

0
18
Foto : The Week

Jakarta, namalonews.com – Kasus ‘ngelem’ yang dilakukan anak-anak remaja agar bisa mabuk sering dijumpai di masyarakat. Kini ada salah satu cara lagi agar bisa ‘nge-fly’ yakni dengan minum rebusan pembalut wanita.

Fenomena anak-anak remaja yang mabuk air rebusan pembalut ini sedang didalami oleh Badan narkotika Nasional (BNN). Kejadiannya bukan hanya di wilayah DKI Jakarta saja, tapi juga ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Di Karawang, Bekasi dan Jakarta Timur kita dapatkan informasi,” demikian menurut Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari di Kantor BNN, Jakarta Timur, Kamis (8/11/2018).

“Menurut mereka pembalut wanita di dalamnya, mengandung bahan-bahan psikoaktif mungkin sebagai pengawet atau bahan yang lain. Tapi ini tentu masih diperlukan pendalaman dan pemeriksaan laboratorium,” imbuh Arman.

Pembalut wanita sebenarnya adalah barang yang legal beredar di masyarakat. Oleh sebab itu, BNN masih mengaji apakah ada aspek pelanggaran hukum di fenomena ini atau masuk kategori ketidaksengajaan.

Sementara itu, menurut komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang kesehatan dan napza, Sitti Hikmawatty, dalam keterangannya, Kamis (8/11/2018), menyebut kasus ini bukanlah hal yang baru.

Sitti mengungkap perilaku remaja yang mencari alternatif zat untuk nge-fly, tenang, ataupun gembira berawal dari coba-coba. Dari satu bahan, para remaja ini bisa meramu bahan lain demi bisa nge-fly.

KPAI berkoordinasi dengan banyak pihak untuk menangani fenomena ini. Meski demikian, Sitti mengingatkan keluarga memegang peran penting untuk mencegah fenomena heboh semacam ‘mabuk rebusan pembalut’ ini.

“Deteksi dini atas perubahan perilaku anak-anak di sekitar kita, jika tidak ada alasan yang wajar, perlu menjadi bahan bagi para orang tua agar menjadi lebih waspada,” tutup Sitti.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here