Jip Tempur Segala Medan yang Digunakan Kopassus dan Paskhas

0
460
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Kemampuan Indonesia dalam memproduksi kendaraan tempur tak diragukan lagi. Bukti nyata, satu tipe kendaraan tempur kini sudah dibuat oleh Sentra Surya Ekajaya (SSE), produsen kendaraan taktis di Tanah Air yang berbasis di Tangerang, Banten.

Kendaraan taktis (Rantis) ini dinamakan P6 ATAV (All Terrain Assault Vechicle). Mobil tempur ini digunakan untuk prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat dan Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara.

Sebagai kendaraan taktis, P6 ATAV dirancang untuk dikendarai pada segala medan terutama untuk menyusuri jalur ekstrem. Selain menjadi kendaraan andalan prajurit Kopassus dan Paskas, kendaraan taktis ini sempat digunakan oleh Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan acara.

Foto : ist

Berdasarkan spesifikasinya, P6 ATAV dibuat dari serangkaian pipa baja seamless berkekuatan tinggi yang dirakit sedemikian rupa layaknya mobil-mobil speed off-road. P6-ATAV  memiliki dimensi lebar  mirip jip Humvee yang digunakan angkatan bersenjata Amerika Serikat.

Dimensinya memiliki panjang 4,6 m, lebar 2,3 m dan tinggi 1,5 m. Pengemudi dan penumpang di dalamnya dilindungi rangka tubular, sementara bagian samping tidak dilengkapi pintu dan kaca. Untuk meningkatkan keamanan prajurit, mobil jip yang baru diproduksi 20 unit ini dilengkapi dengan kaca antipeluru di  bagian depannya.

Kendaraan ini dibekali mesin diesel 2.500 cc empat slinder yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 142 tenaga kuda dengan transmisi otomatis enam percepatan. Tangki bensin bisa menampung 120 liter yang bisa digunakan untuk menjelajah sejauh 500 kilometer.

Selain itu ada empat sisi yang dapat digunakan sebagai dudukan senapan serbu. Pabrikan juga menyediakan dudukan persenjataan pada sisi atas, kanan dan kiri. Misalnya di bagian atap bisa dipasang senapan serbu dengan peluru kaliber 7,62 mm.

Mobil tempur tersebut juga sudah menggunakan ban berjenis run flat tire, yang membuat mobil masih bisa bergerak meski kondisi ban dalam keadaan kempis.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here