Masih Bertekad Mencari CVR Lion Air PK-LQP, KNKT Mendapatkan Alat Canggih dari Amerika

0
245
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih bertekad mencari cockpit voice recorder (CVR) black box pesawat Lion Air PK-LQP sampai ketemu. KNKT mendapatkan tambahan alat pencari CVR tercanggih dari Amerika Serikat (AS).

“Tadi pagi kita sudah menambahkan, yang kemarin-kemarin sudah ada empat (alat) namanya ping locator, finder. Tadi pagi kita sudah memberangkatkan ada dua alat, boleh dikatakan tercanggih saat ini yang tersedia di dunia,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di Terminal JICT 2, Tanjung Priok, Jumat (9/11/2018).

Dia juga menjelaskan ada delapan orang operator alat tersebut yang disertakan. Dia berharap alat tambahan itu bisa menangkap sinyal CVR yang menghilang.

“Mudah-mudahan dengan alat yang sangat sensitif dan paling mutakhir ini bisa segera menemukan di mana CVR itu. Karena hari ke-3 itu kita masih bisa mendeteksi ada dua lokasi. Tapi begitu setelah kita menggangkat FDR suara dari CVR itu hilang. Nggak tahu kenapa hilangnya. Tapi melemah, lama-lama makin hilang,” lanjutnya.

Menurut Soerjono, alat tersebut baru tiba tadi malam dari AS. Pencarian akan dilakukan di area yang selama ini disisir petugas.

“Alat canggih itu yang Finder, cuma dia lebih sensitif dan areanya lebih sempit, sudutnya lebih tajam. Kalau yang lama itu lebih lebar, yang ini lebih sempit,” sambungnya.

Soerjono mengatakan, pihaknya akan terus mencari CVR sampai dapat. KNKT akan tetap berkoordinasi dengan pihak lain dalam pencarian. Diketahui, Basarnas akan mengakhiri pencarian pada Sabtu (10/11) besok.

“Kita selalu minta bantuan dari Basarnas, bisa dari TNI, bisa dari swasta, bisa dari BPPT, dari semua pihak yang memiliki kompetensi untuk yang kita butuhkan selalu kita akan minta bantuan kepada mereka,” katanya.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here