Dengan Seragam Veteran dan Sepeda Onthel, Jokowi Mengenang Sejarah Pahlawan

0
413
Foto : TheWorldNews.net

Jakarta, namalonews.com – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Presiden Joko Widodo bersama sekitar 25 ribu peserta acara sepeda santai ‘Bandung Lautan Sepeda’, menggowes sepeda onthelnya sejauh 5 kilo meter, yang dimulai dari halaman Gedung Sate, Bandung Jawa Barat, Sabtu (10/10).

Jokowi dengan seragam veteran berwarena coklat hadir bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan juga Kepala Kepolisian Republik Indonesia Tito Karnavian.

“Ini kan hari pahlawan 10 November, suasana sejarah di tahun 45. Di masa-masa perjuangan, karena suasana itulah saya pakai pakaian ini,” kata Jokowi.

Selain seragam yang beda dengan yang lainnya, ternyata Jokowi juga menggowes sepeda yang tidak memiliki rem. Namun, kata Jokowi, itu bukan menjadi kendala dan halangan untuk tetap ikut dalam kegiatan tersebut.
Sebelumnya Jokowi lebih dahulu membuka acara ini. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Gowes Bandung Lautan Sepeda pagi hari ini saya nyatakan diberangkatkan,” kata Jokowi seraya mengangkat bendera start.

Rute sepeda santai yang dilalui Jokowi terdiri dari Gedung Sate-Jalan Merdeka-Jalan Lembong-Jalan Asia Afrika-Jalan Sudirman-Jalan Pasir Kaliki-Jalan Pasteur-Jalan Wastu Kencana-Jalan Purnawarman-Jalan Cikapayang-Jalan Surapati kemudian kembali ke kawasan halaman depan Gedung Sate.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengunjungi Taman Makam Pahlawan Nasional Cikutra, Kota Bandung untuk melakukan ziarah menyambut Hari Pahlawan. Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara yang dihadiri siswa-siswi sekolah hingga angkatan bersenjata tersebut.

Jokowi ditemani ibu negara Iriana Joko Widodo beserta jajaran menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, hingga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Selepas upacara, Jokowi melaksanakan tabur bunga di pusara beberapa pahlawan, seperti Abdoel Moeis yang merupakan perintis kemerdekaan, mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn.) H Mashudi, Jenderal TNI (Purn.) Moch Yogie, Laksda Udara Noor Tanio, mantan Danlanud Margahayu Sulaiman, dan mantan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Aang Kunaefi.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here